Istanbul, Turki Menjadi Tuan Rumah Forum Media Palestina Internasional


Islamedia - Forum Media Palestina mengungkap rencana kerja secara rinci pertemuan Forum Palestina untuk Media dan Komunikasi Internasional yang menurut jadwal digelar di Istanbul selama dua hari 23 – 24 April ini. 

Acara terdiri dari lima seminar dan tiga symposium serta sejumlah pertemuan ilmiah lainnya yang membahas isu Palestina di bidang media, serta teknologi dan sarana komunikasi dalam mempengaruhi opini public Arab dan barat. 

Koordinator Forum Hisyam Qasim menegaskan, gagasan ini muncul karena mendesaknya kebutuhan menciptakan media komunikasi dan koordinasi di kalangan aktivis media. 

Forum ini akan dihadiri oleh lembaga, pakar, tokoh, praktisi media yang membela kepentingan Palestina dari berbagai negara. Mereka akan membahas alternative-alternatif dan membuat sejumlah agenda penting di bidang media.

Selain Forum Media Palestina, acara ini digelar oleh Pusat Studi Ekonomi dan Sosial di Turki serta Yayasan Midle East Monitor di London. 

Di hari pertama akan digelar seminar bertajuk Palestina di Media Arab di Tengah Perubahan Arab Spring dengan nara sumber Fahmi Huwaidi, pakar media dari Tunis Shalahuddin Jurshi dan Dr. Muhammad Mushfir dan Wadhah Khinfaz.

Mereka akan membahas factor-faktor perubahan sikap media Arab terhadap Palestina, hakikat sikap media Arab terhadap isu Palestina dan isu perlawanan Palestina dalam media Arab, dan mesin mengefektifkan Palestina dalam agenda media Arab.

Kemudian digelar seminar Palestina di Media barat yang akan dipandu oleh narasumber Abdul Bari Athwan, Alan Greis, Victoria Pretin dan Dr. Daud Abdullah. Mereka akan membahas media barat dan mitos standar ganda dalam isu Palestina, kesalahan besar media barat, dan sarana yang bisa mempengaruhi opini barat soal isu Palestina.

Selain itu ada drama dan seni serta berbagai simposuium penting.[PIP/Islamedia/YL]