Turki Berhasil Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah



Islamedia - Perdana Mentri Turki Erdogan menegaskan bahwa dirinya akan bersikap tegas apabila ada pesawat tempur Suriah memasuki wilayah Turki secara ilegal, dirinya tidak segan-segan akan menembaknya.

Jika Anda melanggar wilayah udara Turki, kami akan mengambil tindakan keras,” ujar Erdogan ketika memberikan apresiasinya kepada Militer Turki yang telah melaksanakan tugasnya menembak pesawat tempur Suriah.

Ahad (22/3),Turki menembak jatuh sebuah pesawat tempur Suriah, karena melanggar wilayah udara negara mereka. Kejadian tersebut meningkatkan ketegangan di sepanjang daerah perbatasan menyusul janji Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, untuk mengambil posisi berseberangan dari Presiden Suriah, Bashar Assad.

Siang itu, jet tempur F-16 milik Turki melumpuhkan MIG-23 milik Suriah dengan sebuah roket setelah pesawat lawan tak menggubris empat peringatan untuk meninggalkan wilayah udara Turki, demikian keterangan dari angkatan bersenjata Turki dari Ankara.

Pesawat MIG itu ditembak saat masih berada di wilayah udara Suriah tak jauh dari perbatasan Turki. Ankara memang telah mengumumkan akan lebih agresif, setelah pasukan komando Assad menjatuhkan pesawat intai Turki pada Juni 2012.

Stasiun televisi Turki menayangkan gambar jet yang terjatuh. Ini kali pertama Turki menembak jatuh sebuah jet Suriah sejak kemelut di negara tetangganya itu bermula lebih dari tiga tahun lalu. Menurut Damaskus, pilot MIG berhasil melontarkan diri sesaat sebelum pesawat menyentuh tanah.

[wsj.com/mh]