Be 100%



Islamedia - Apa yang dicari manusia di dunia ini?? 
Apakah kebahagiaan? 
Pahala? 
Teman baik? 
Pasangan ideal dalam hidup? 
Harta yang berlimpah? 
Rumah mewah? 
Kesuksesan? 
Ataukah istri yang cantik?



Kawan.. Mari kita simak kisah dibawah ini.


- Seekor ulat bersusah payah tidak makan dan minum selama 30 hari agar menjadi kupu- kupu yang cantik dan menawan, tampan dan rupawan

- orang tua ingin anaknya lebih pandai lagi dalam mengaji

- Naufal kelas 5 SD tahun lalu mendapat ranking juara 2 dan tahun ini ia ingin merebut ranking 1 disekolahnya

- Tahun lalu Fawaz kelas 1 SD tidak mampu khatam al-Qur’an saat bulan Ramadhan, Tahun ini ia ingin menghatamkan Al-Qur’an.

- Faiz Tahun lalu ia bekerja mendapat gaji 5 juta/bulan, Tahun ini ia ingin bekerja dengan gaji 10 juta/bulan

- Ayah Zuhdi ingin anaknya yang hari ini berusia 13 bulan sudah bisa berjalan, karena sekarang baru bisa berdiri.

-Farhan pekan lalu tidak mampu menembus tilawah 7 juz dalam sepekan, pekan ini ia bertekad minimal 7 Juz.


Apakah sudah dapat disimpulkan apa yang manusia cari di dunia ini?? Hanya satu kata PERUBAHAN!!

Perubahan adalah sebuah keniscayaan yang dibutuhkan manusia, seburuk apapun kualitas moral manusia di dunia ini, pasti hati nuraninya menginginkan adanya perubahan diri yang lebih baik. 

Ketika seorang ayah menginginkan anaknya lebih pandai lagi dalam belajar, maka ayah tersebut harus berfikir bagaimana cara/pola belajar yang terbaik untuk meningkatkan iklim belajar pada anaknya. Maka ia pun berfikir harus ada perubahan dalam pola belajar dan mengajarkan. Ketika seorang lelaki menginginkan calon istri yang baik dan sholehah, maka seorang lelaki itu akan berfikir, dia harus memiliki kualitas yang lebih baik dari hari ini agar mendapatkan istri yang ia dambakan. Ini yang disebut dengan memantaskan diri. 

Ketika seorang pelaku bisnis dibidang design grafis ingin melejitkan potensinya, maka ia tidak bisa mewujudkan harapannya itu jika ia hanya belajar seorang diri, maka ia harus memutuskan untuk mencari seorang ahli untuk mengajarkannya dengan private atau kursus misalnya.

Sekali lagi perubahan adalah sebuah keniscayaan. Dan perubahan itu akan terwujud manakala kita TOTAL dalam mewujudkan apa yang diharapkan. 100 % dalam mengejar impian. Be hundred percent. 

barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin maka ia beruntung. Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka ia celaka.”

Saya tidak tahu apakah ini hadist atau perkataan ulama, tapi saya pikir kalimat diatas cukup bagus untuk memotivasi kita. Setidaknya kalimat di atas pun bercerita tentang perubahan. 

Teman saya berguyon : “kalo tahun ini istri saya hanya satu sama dengan tahun kemarin..berarti saya termasuk orang yang merugi dong?? Hehehe

Ga usah didengar guyonan diatas. Kalo dirasa belom mampu mengurus anak orang jangan coba-coba untuk memutuskan berpoligami. Tapi kalo sudah mantap dengan perhitungan yang tepat ya silahkan. Wong ustadzah aja setuju kok tentang poligami.

Ustadzah : "Saya tdk pernah nolak hukum poligami."
Jamaah : "Wah, hebat Ustadzah!"

Ustadzah : "Saya tidak pernah melarang para suami nikah lagi."
Jamaah : "Wah, bener-bener top Ustadzah."

Ustadzah : "Yang penting..."
Jamaah : "Yang penting...adil ya Ustadzah?"

Ustadzah : "Bukan. Yang penting...bukan suami saya!".

Hehehe…Hustt…kenapa jadi ngomongin poligami ya!! Bisa banyak yang cemberut nanti. 


Be 100%

Ini menjadi harga mati untuk melakukan sebuah perubahan. Niat yang setengah-setengah tidak akan mampu mencapai apa yang diharapkan. Total dalam mewujudkan impian, 100% dalam berikhtiar adalah syarat mutlak untuk mewujudkan harapan dan impian.

Ulat yang menjadi kupu-kupu adalah contoh nyata dalam melakukan ikhtiar yang maksimal, total 100%.

Asma Binti Abu Bakar mendaki tebing dalam keadaan hamil untuk mengantarkan makanan untuk ayahnya dan Rasulullah Saw, yang sedang bersembunyi di sebuah gua dari kejaran kaum kafir Quraisy. TOTAL 100%

Umar bin Khotob dulu sangat membenci Muhammad bin Abdullah, namun setelah hidayah datang padanya, ia berubah 180 derajat menjadi orang yang sangat mencintai Rasulullah dan agama yang dibawa oleh Rasulullah Saw. Kepribadiannya ditakuti oleh syetan…manakala ia lewat di sutau gang, dan ada syetan disitu, maka syetan syetan itu akan lari kocar kacir ketakutan. Umar bin Khottob TOTAL 100%.

Hanzhalah bin Abi Amir radhiyallahu `anhu, seorang syahid yang dimandikan Malaikat

Karena memenuhi panggilan jihad saat malam pertama. Saat itu ia masih junub, belum sempat mandi besar. Ia melesat dengan membawa senjatanya untuk bergabung dengan Nabi Shallallohu 'alaihi wasallam yang sedang menyiapkan barisan Muslimin, meyiapkan hati untuk melakukan transaksi di jalan Allah...ia syahid dalam perang Uhud. TOTAL 100%

Thomas A. Edison kecil-nya divonis gurunya sebagai siswa yang idiot, sehingga setelah 3 bulan sekolah ia di-drop out (DO). Keajaiban datang padanya saat ia totalitas mewujudkan impiannya. penemu lampu listrik yang dalam experimen nya mengalamai kegagalan 999 kali ini. Berhasil menerangi bumi dengan temuannya hingga hari ini. Benar-benar TOTAL 100%. Mungkin baginya sukses adalah :

Gagal + 1 = Sukses 

Dimana angka “1” dalam rumus itu adalah usaha. Jadi jika gagal harus usaha lagi, gagal lagi usaha lagi sampai ketemu jawabannya yaitu SUKSES. TOTAL 100%

Dan banyak lagi kisah-kisah para insan berpengaruh di dunia ini dari timur ke barat, dari selatan ke utara, yang benar benar TOTAL 100%. Bagaimana dengan kita??

Manusia belakangan ini lebih banyak mengeluh daripada berjuang keras untuk mewujudkan impiannya. Tak usah menunjuk siapa manusia itu. Lebih baik sekarang berdirilah menghadap cermin dan lihatlah siapa manusia yang sedang berdiri dihadapan mu itu. Manusia yang selalu mengeluh dalam hidupnya. Dialah manusia yang sering mengeluh..kenalkan siapa dia?? hehehe...

Ga usah tersinggung, memang begitu kan kenyataannya. 

Kita ingin ada perubahan dalam kehidupan kita, tapi setengah-setengah dalam mewujudkannya. Itu sama saja mimpi di siang bolong.

Kita ingin ada perubahan dalam kehidupan ekonomi kita tapi tidak TOTAL dalam meraihnya, tidak merubah cara-cara lama dengan cara yang baru yang lebih “gila” itu sama saja menghayal yang tak pasti.

Ingin berubah dalam apapun tapi selalu menyalahkan lingkungan disekitar??? Hmm...mimpi kali yeeee...hehehe

Mulai sekarang jadilah manusia hundred percent...tulislah dengan jelas impian kita dan kapan ingin diwujudkan impian itu. Total lah dalam mewujudkannya. Jangan setengah-setengah, jangan pake cara lama, buatlah cara yang lebih gila, jangan lagi menyalahkan orang lain. Salahkanlah diri sendiri kenapa belum mampu mewujudkan impian kita.


Thomas A. Edison aja sampe 999 kali gagal dalam mewujudkan impiannya..lah kita?? Baru dua ujian dikasih kegagalan udah nangis guling-gulingan...hahaha (lebay.com)..


So...jadi apa yang harus kita lakukan sekarang...?? yang harus kita lakukan sekarang adalah menjadi manusia TOTAL 100%. 


“...Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka...” (Ar-Ra’d : 11).

Abu Rafah