Berbeda Itu Biasa, Pertikaian Itu Binasa


Islamedia – Perbedaan itu sesuatu yang lumrah, wajar, dan harus kita syukuri. Pertikaian, perselisihan, dan keributan akibat suatu perbedaan itu yang seharusnya kita hindari.

Miris rasanya ketika melihat fenomena yang terjadi di negeri ini. Semua orang bertikai, berselisih, bahkan saling memerangi saudaranya dalam satu bangsa dan satu aqidah. Itulah yang kita takutkan. Di tengah-tengah krisis bangsa yang sedang menggerogoti semua aspek negara, kita malah disibukkan dengan hal-hal yang mubadzir. Kita mendahulukan ego pribadi dan fanatisme kelompok yang tidak dibenarkan oleh islam. Kita semua melupakan dan mengesampingkan rasa saling menghargai, rasa saling menghormati, dan rasa saling memahami kepada saudara kita. Saudara yang seharusnya kita bimbing, saudara yang seharusnya kita lindungi, dan saudara-saudara kita yang seharusnya kita bela.

Banyak sekali orang yang tidak memahami mengapa suatu perbedaan diciptakan oleh Allah. Kita malah menjadikan perbedaan itu sebagai suatu sumber untuk menimbulkan gap antar masing-masing kita. Bukan sebagai hikmah Allah yang harus kita syukuri dengan menjadikan perbedaan itu sesuatu yang menyatukan kita. 

Kita harus percaya bahwa perbedaan itu tidak sia-sia diciptakan oleh Allah. Karena memang tidak ada sesuatu yang diciptakan oleh Allah itu tiada berguna. Sesuai firman Allah SWT. dalam Al-Qur’an,

 الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللّهَ قِيَاماً وَقُعُوداً وَعَلَىَ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذا بَاطِلاً سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Artinya: “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.”(Al-Imran : 191)

Ada beberapa hikmah yang bisa kita ambil dari perbedaan yang diciptakan oleh Allah.

Perbedaan merupakan suatu anugerah dari Allah Yang Maha Kuasa. Karena dengan Kuasa-Nya, tidak ada seorang pun, sesuatu pun, atau apapun itu yang benar-benar sama. Semuanya mempunyai ciri khas masing-masing sebagai makhluk yang diciptakan-Nya. Semuanya memiliki kelebihan sendiri yang akan membuatnya lebih berharga, lebih dihargai keberadaannya oleh yang lain.

Perbedaan merupakan hikmah yang diberikan oleh Allah. Adalah menjadi kewajiban kita untuk mencari hikmah dari perbedaan itu sebanyak-banyaknya. Kita harus pintar dalam mencari hikmah dari perbedaan itu. Contohnya, perbedaan itu bisa kita pakai sebagai alat untuk mempersatukan kita. Kita bisa saling melengkapi dengan perbedaan itu. Kekurangan seseorang ditutupi dengan kelebihan sebagian yang lain. Karena tidak ada orang yang sempurna, tidak ada orang tidak memiliki kekurangan. Indahnya.

Coba kita bayangkan kalau kehidupan ini tidak ada perbedaan. Gimana rasanya kalau dunia ini semua berwarna kuning. Gimana jadinya apabila semua orang jadi pedagang dan tidak ada petani. Gimana jadinya kalau muka semua orang sama. No comment. Sungguh indah hidup ini bila kita bisa menikmati dan menghargai berbagai perbedaan ini. Sungguh akan menjadi sesuatu yang tak ternilai harganya kalau sesama saudara, kita bisa saling melengkapi. Perbedaan adalah sesuatu yang niscaya saudaraku, nikmatilah rahmat dari tuhan kita.

Hendi Nur Akbar
Dari berbagai sumber