Raih 22,5% Suara, PKS Depok Menang Pileg 2019


Islamedia Partai Keadilan Sejahtera atau PKS mendapatkan perolehan suara tertinggi di Kota Depok, Jawa Barat dengan angka mencapai 22,35 persen pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Ketua DPD PKS Depok, Hafidz Nasir mengatakan, hasil tersebut diketahui berdasarkan real count internal data yang masuk mencapai 64,49 persen dari total suara masuk pada Sabtu, 20 April 2019. Kemudian kata Hafidz, PKS juga meraih suara terbanyak pada Pileg untuk DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPR RI untuk daerah pemilihan Depok dan Bekasi khususnya pada pemungutan suara di wilayah Kota Depok.

Kami sampaikan apresiasi pada seluruh caleg, struktur pengurus, kader dan simpatisan PKS yang telah bekerja keras siang malam, mulai dari masa kampanye hingga pemungutan dan perhitungan suara di seluruh TPS se Kota Depok,” kata Hafidz kepada wartawan di Depok, Selasa 23 April 2019.

Hafidz menilai, selain mesin politik yang cukup solid, keberhasilan PKS merebut hati rakyat Depok pada khususnya karena faktor elektabilitas sebagai pengusung Prabowo-Sandi. “PKS ini dinilai sebagai satu-satunya partai tertinggi yang mendukung Prabowo-Sandi. Salah satu faktor inilah yang membuat PKS meraih suara tinggi,” ujarnya

Sebagai salah satu partai pengusung capres nomor urut 02, lanjut Hafidz, PKS pun bersyukur atas perolehan hasil pilpres di Kota Depok yang berdasarkan pantauan hasil quick count internalnya menunjukkan Prabowo-Sandi menang di Kota Depok dengan perolehan suara sebanyak 57,46 persen sedangkan paslon nomor 01 Jokowi-Ma'ruf adalah 42,54 persen.

Meski demikian, Hafidz mengajak masyarakat untuk bersabar mengikuti seluruh rangkaian proses pemilu ini hingga penetapan akhir jumlah suara dan kursi yang diperoleh seluruh partai politik peserta pemilu oleh KPUD Kota Depok.

Kami mengapresiasi juga pada petugas di PPK dan KPUD, Panwas Kecamatan dan Bawaslu, serta aparat keamanan dari Polres kota Depok selaku penyelenggara, pengawas dan pengamanan pemilu ini,” ucapnya.

PKS, kata Hafidz akan turut mengawal proses rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kecamatan (PPK) dan di tingkat KPUD. “Ada saksi-saksi kami yang mengawasi proses reka perhitungan. Adapun saksi ini dilengkapi dengan rekap suara dan lembar C1 yang lengkap dari seluruh TPS se Kota Depok.”

Hafidz mengimbau pada seluruh calon anggota legislatif atau caleg yang terpilih agar bersikap bijaksana dan mengemban amanah dengan penuh tanggung jawab.

Urutan suara yang ada di Kota Depok menurut penghitungan PKS yakni:


1        PKS            22,35 %

2        Gerindra       17,69 %

3        PDIP           15,77 %

4        Golkar         8,60 %

5        PAN            8,06 %

6        PKB            6,26 %

7        PPP            4,67 %

8        Demokrat       4,46 %

9        PSI            3,61 %

10       Nasdem         2,79 %

11       Berkarya       2,18 %

12       Perindo        1,81 %

13       Hanura         0,85 %

14       PBB            0,47 %

15      Garuda          0,30 %

16      PKPI            0,12 %.


sumber : viva

[islamedia].