Keluarga Qadafi Gelapkan Milyaran Dollar Uang Negara


Dari kanan ke kiri; Saiful Islam, Hanib'al, Saidi dan Aisyah. Tengah; Muammar Qadafi
Islamedia - Sebuah surat kabar terbitan Inggris memberitakan, bahwa kepala pemerintahan Libya, Muammar Qadafi dan keluarganya menggelapkan pendapatan dari ekspor minyak melalui akun rahasia, terutama keuntungan yang didapat dari penjualan ke Dubai dan negara-negara Asia Tenggara.

Media elektronik, Financial Times dalam situsnya memberitakan, bahwa Prof.Tim Niblock, pakar politik Timur Tengah, di Univ. Exeter Inggris, bahwa dalam kajiannya ia menemukan kejanggalan dalam hitung-hitungan keuntungan ekspor minyak di Libya dan juga uang belanja negara,  yang hilang diperkirakan sebanyak miliaran dollar.

Niblock mengatakan, bahwa dirinya yakin keuntungan negara yang hilang itu telah memberikan saham terbesar dalam pembentukan kekayaan keluarga Qadafi beserta sembilan anaknya.

Ia kemudian menambahkan, masih sulit memastikan jumlah nominal keuntungan pemerintahan Qadafi yang dilarikan, Qadafi melakukan hal ini dengan sangat rapi dan rahasia, mengakalinya dengan cara yang berbeda-beda dan disimpan tempat-tempat yang berbeda pula. Namun Niblock mentaksir, uang yang dilarikan itu sangat sebesar, bermiliar-milaran dollar.

Menurut Niblock, Qadafi menyimpan uang hasil curiannya dari keuntungan negara itu di bank-bank Internasional, yang tidak memiliki syarat transparansi dalam melakukan aksesnya. (msy/alj)

Baca Ini Juga ...: