Kekacauan Konsep Tuhan dalam Mitologi Yunani


Islamedia Kursus singkat Sekolah Pemikiran Islam (SPI) pekan ini kembali diadakan di Gedung INSISTS yang berada di bilangan Kalibata, Rabu (3/10). Pada pertemuan kali ini, materi yang dibawakan adalah tentang Tauhidullah yang dibawakan oleh Akmal Sjafril, M.Pd.I.

Pekan keempat ini dihadiri oleh 74 peserta. Mereka diajak untuk belajar mengenal konsep tuhan, tidak hanya konsep tuhan dalam Islam namun juga konsep tuhan yang ada di agama lain. “Tujuan mengetahui konsep tuhan dari agama lain adalah untuk tambah meyakinkan kita bahwa konsep tuhan dalam agama Islam lah yang paling benar,” ujar Akmal di awal pembahasannya.

Salah satu yang menarik dalam pertemuan kali ini adalah tentang konsep tuhan yang berasal dari mitologi Yunani. Tuhan yang diyakini masyarakat Yunani adalah sosok dewa-dewi, dewa yang paling terkenal yaitu Zeus. “Diceritakan bahwa bila dewa memakan dewa yang lain, ia akan mendapatkan kekuatan dari dewa yang dimakannya. Sehingga waktu itu setelah Zeus memakan dewi Methis yang sedang hamil, Zeus mendapatkan kekuatan untuk melihat masa depan dan juga melahirkan Athena karena Methis waktu itu sedang mengandung Athena,” terang Akmal yang disambut ekspresi heran dari para peserta karena mengetahui bahwa Athena dilahirkan dari seorang laki-laki.

Sifat suatu kaum mencerminkan sifat yang mereka anggap sebagai tuhan, ini yang menyebabkan orang muslim sebagian besar memiliki sifat pemaaf karena memang Allah memiliki sifat Maha Pemaaf yang ditunjukkan dalam Al-Quran,” ujar pria yang juga akrab disapa Abu Afnan ini. Akmal kembali menekankan bahwa sifat-sifat tuhan yang diyakini oleh suatu  kaum akan membentuk sifat-sifat manusia yang menyembahnya. Maka dari itu sebagai kaum muslim sudah seharusnya memiliki akhlak yang baik karena Allah memiliki berbagai sifat mulia yang bisa dijadikan umat muslim pedoman dalam menyikapi realita yang ada. [abe/rizky/islamedia]

Baca Ini Juga ...: