Hadirkan Senyum untuk Duka Sulteng

ormas Islam dan Komunitas dakwah, bersepakat untuk beraliansi strategis membantu korban bencana Palu, di antaranya : Al-Hayah Hayatuna, Nasyitha Center ( NC), Ikatan Da'i Indonesia ( IKADI), Majlis Islam ( MANIS.ID), Adab Insan Mulia, Secerah Negri, dan Komunitas Sedekah Harian. Beberapa ormas Islam lainnya telah berangkat juga seperti BKPRMI dan PUI.

Hadirkan Senyum untuk Duka Sulteng
Islamedia Senin, 15 Oktober 2018 atau bertepatan dengan 06 Shafar 1439 H, beberapa ormas Islam dan Komunitas dakwah, bersepakat untuk beraliansi strategis membantu korban bencana Palu, di antaranya : Al-Hayah Hayatuna, Nasyitha Center ( NC), Ikatan Da'i Indonesia ( IKADI), Majlis Islam ( MANIS.ID), Adab Insan Mulia, Secerah Negri, dan Komunitas Sedekah Harian. Beberapa ormas Islam lainnya telah berangkat juga seperti BKPRMI dan PUI.
Rombongan pimpinan ormas dan komunitas dakwah ini berangkat menggunakan pesawat Batik Air terpagi, pukul 02.30 WIB, dan tiba di kota Palu pada pukul 06.25 WIT.Tiba di Bandara, rombongan langsung menuju satu pusat posko bencana di pusat kota Palu.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Balaroa, satu dari tiga lokasi likuifaksi. Likuifaksi di Palu adalah fenomena bergeraknya lapisan tanah dengan kecepatan cukup cepat (kasu Palu, sekitar 20 km/jam), menggerakkan seluruh yang berada di atasnya (rumah, pepohonan, persawahan, dll.), disertai semburan lumpur dan terbelahnya tanah di beberapa titik. Secara zhahir, apa yang terlihat akan seperti proses 'blending tanah', buka tutup, hingga mengangkat tinggi dan membenamkan kembali ke dalam tanah.

Balaroa merupakan wilayah pemukiman padat penduduk, area Perumnas, dengan aktifitas yang sangat padat. Ditemani Ustadz Nurkholish, salah satu korban bencana yang kehilangan 2 (dua) dari 4 (empat) orang anaknya (anak pertama dan terakhir) pada bencana kemarin. Di area ini, rombongan menyaksikan langsung tumpukan tanah, mobil, pohon bersatu tidak teratur. Ustadz Nurkholis menunjukkan posisi rumahnya yang teridentifikasi, namun telah terpisah 150 meter dari rumah besar milik tetangganya. Wilayah Balaroa digenangi banyak air dan munculnya aliran-aliran sungai baru melalui bawah-bawah rumah.

Fenomena perpisahan bangunan yang lebih mencolok terlihat pada bangunan sebuah Rumah Sakit besar yang baru berdiri 3 (tiga) tahun yang lalu. Terlihat rumah sakit ini terpisah menjadi dua bangunan besar yang berjarak, padahal sebelumnya adalah menyatu sebagai bangunan yang kokoh.

Lokasi posko pertama yang kami kunjungi adalah Donggala yang berdiri di sebuah lapangan cukup luas, di seberang sebuah masjid besar.

Gema adzan Zhuhur telah berbunyi, rombongan bersegera menuju lokasi posko kedua, Kantor Ormas Al-Khairat. Selepas melaksanakan shalat Zhuhr berjama'ah yang diikuti oleh banyak sekali jama'ah, rombongan mendengatkan tausyiyah singkat dari seorang habib disana. Beliau mengingatkan bagaimana dirinya dan Al-Khairat telah berulang kali mengingatkan pemerintah akan bentuk-bentuk kemaksiatan, sehingga ulama di Palu terlihat sebagai ulama juga sebagai 'polisi' bagi ragam kemaksiatan, namun tidak banyak elemen masyarakat yang membersamai. Taushiyah yang padat data otentik itu (titik-titik LGBT dan pelacuran di pinggir pantai, kemusyrikan, dll.) sepertinya berhasil membangkitkan persatuan umat. Hal ini terlihat dari semangat jama'ah untuk bersama-sama menjaga Kota Palu dari ragam kemaksiatan, dan tidak lagi meremehkan dan membiarkan para elemen dakwah bergerak dan bersuara sendiri.

Di posko Al-Khairat ini rombongan ditemui dan dijamu makan siang khas Palu dari Dapur Umum oleh Ustadzah Sakinah al-Jufr. Di pesantren yang sangat sederhana namun mendidik banyak santri ini, Al-Khairat membuka dapur umum untuk masyarakat. Tidak ada bantuan langsung pemerintah disini, namun ragam ormas mempercayakan bantuannya di posko ini, untuk kemudian disalurkan oleh Ustadzah Sakinah ke berbagai titik yang membutuhkan.

Ustadzah Sakinah Al-Jufri dikenal tidak hanya sebagai muballighah namun juga beliau adalah sosok yang dikenal mampu merapatkan shaf umat dan terbuka bekerjasama dengan siapapun. Beliau menceritakan bagaimana suatu saat ia bergerak langsung menemui Walikota dan Wakil Walikota, namun karena tidak berada di tempat, ditemui oleh Kepala Dinas Pendidikan Palu, PJ Walikota. Saat itu, beliau menegaskan agar pemerintah segera membatalkan rencana festival Nomoni karena bertentangan dengan nilai agama. PJ Walikota saat itu menegaskan ketidaksetujuannya atas masukan ustadzah. Hal ini karena pemerintah menganggap Nomoni adalah bagian dari budaya yang dapat mengundang banyak turis mancanegara hadir ke Kota Palu.

Palu Nomoni adalah rangkaian kegiatan adat yang di antaranya adalah melakukan seserahan ke laut dalam, sebuah tradisi dari Kaili. Namun begitu, dari beberapa wawancara di lapangan dengan masyarakat Kaili, ternyata filsafatnya Nomoni adalah tradisi pengobatan Raja dahulu, yang dilakukan oleh segelintir orang dan bukan untuk dipublikasikan besar-besaran bahkan mengundang banyak orang. 

Hadirkan Senyum untuk Duka Sulteng


Dalam catatan pemerintah, setidaknya Nomoni telah ditiadakan sejak ratusan tahun lalu, dan baru dihidupkan 3 (tiga) tahun terakhir oleh Walikota Drs. Hidayat, M.Si., sejak tahun 2016. Di antara rituak yang berusaha dihidupkan kembali adalah Ritual Adat Balia dari Suku Kaili. Nama 'Kaili' diambil dari nama pohon dan buah yang banyak ditanam di tepi Sungai Palu dan Teluk Palu.

Beberapa peringatan dari alam disaksikan oleh banyak masyarakat terjadi sejak pertama kali dihidupkan. Kegiatan Palu Nomoni 2016 menyisakan catatan hujan deras dan angin puting beliung di saat pembukaan acara. Namun pemerintah tetap melanjutkannya. Pada kegiatan yang sama di tahun 2017, muncul buaya dan hiu tutul di muara. Dua kali peringatan alam ini ternyata tidak menghentikan semangat pemerintah Palu untuk memperjuangkan Palu Nomoni lebih agresif lagi. Terjadilah apa yang kita saksikan yakni di hari Jum'at, pukul 17.45 WIB, saat masuk waktu malam, Maghrib. Tsunami menelan seluruh yang ada di bibir pantai, termasuk 12 orang polisi (menurut catatan sementara saksi kepolisian), tentara, PNS, dan masyarakat. Angka ini masih bersifat sementara karena masih banyaknya korban yang berlari dan mengungsi, belum melaporkan apapun terkait kondisinya kepada kesatuannya masing-masing.

Di posko dan dapur umum Al-Khairat, kami juga mendapatkan kesaksian langsung dari korban yang bernama Helmi bin Abu Bakar al-Jufri. Beliau berhasil selamat dari likuifaksi Balaroa, setelah dua malam tertimbun reruntuhan bersama ibunda tercinta yang juga selamat. Beliau menceritakan detik-detik mencekam yang bahkan terus beliau rasakan hingga dua malam berikutnya di rumahnya yang rubuh tertimbun tanah dan air lumpur di sekitarnya.

Selepas dari posko kedua ini, rombongan bergerak menuju posko dan dapur umum berikutnya yakni berlokasi di sekolah Bina Insan pimpinan Ustadzah Erni. Di sini banyak pengungsi dan anak-anak. Setelah menurunkan bantuan disini kami mencukupkan aktivitas karena waktu sudah menjelang malam.

Palu di siang hari memiliki suhu cukup panas. Namun cuaca panas sejak kejadian bencana memiliki sisi positifnya, yakni pengungsi di tenda-tenda di lapangan yang tentunya dapat mencoba menata ulang segala sesuatunya. Hujan turun sekitar 4 hari yang lalu, dan menyebabkan banjir sedikit di wilayah tertentu.

Malam hari rombongan memanfaatkan waktu untuk bersilaturrahim ke salah satu tokoh keumatan, yakni Ustadzah Wiwik, langsung di rumahnya, di lokasi yang juga mengalami bencana. Beberapa hari beliau dan para tetangganya tidur di luar rumah, karena masih trauma tinggal di dalam, wa bil khusus, anaknya yang masih berusia 6 tahun. Rumah beliau termasuk yang tidak rusak, kecuali retak-retak sedikit di beberapa wilayah. Beliau meski asli Temanggung, Jawa, memilih untuk tetap di Palu guna melayani umat yang membutuhkan pertolongan.

Malam itu kami menyempatkan mengunjungi wilayah likuifaksi kedua, yaitu Petobo. Likuifaksi disini justeru terjadi dari sisi dataran tinggi dan terus turun ke bawah dan berhenti tepat sebelum sebuah Rumah Sakit Ibu Anak. Pergeseran tanah bisa mencapaii 2.5 km disini. Terdapat kesaksian dari seorang relawan yang sempat mengantar tamu di wilayah ini, bagaimana kemudian ia memacu mobilnya karena berkejaran dengan aliran pecahan tanah yang menuju mobilnya. Ia juga menceritakan temannya di mobil yang lain yang justru berlari ke atas, mobilnya terlihat terbalik dan hilang ditelan tanah. Sepanjang jalan, mobilnya melewati banyak manusia yang meminta tolong masih terkunci di pagar rumahnya. Namun tidak sempat lagi baginya untuk menolong mereka.

Hari pertama kami tutup dengan review rencana di hari kedua dan kemudian beristirahat. Walhamdulillāh.


CATATAN HARI KEDUA

Hari kedua kami mulai di pagi hari dengan bergerak ke Posko di Sekolah Al Fahim. Disini, terdapat juga posko Turki 'Hasene'-IZI, Militer, ACT, dan lainnya. Dapur umum juga tersedia. Kami mengumpulkan para guru di sekolah besar yang telah berusia 13 tahun ini, dan mendengarkan sharing dari mereka.

Dari guru-guru Al Fahmi, setidaknya ada 2 (dua) kisah yang sangat mengharukan. Salah satunya kisah dari Ustadz Ihsan yang harus kehilangan rumah, istri dan anak pertamanya (Hafizh) yang juga penghafal Quran yang baru berusia 5 tahun. Pesan terakhir isterinya adalah membaca surat Al-Kahfi di pagi hari.

Selepas memberikan bantuan makanan dan dana disini, rombogan menuju wilayah likuifaksi ketiga yaitu Jonooge dan Lolu. Namun karena medan yang cukup menantang disini, rombongan akhirnya langsung ke posko pengungsian di Kampung Sidera. Kampung ini retak-retak saja, namun wilayah Jonooge mengalami likuifaksi bahkan bergeser sejauh 1.5 km.

Sepanjang jalan menuju Kampung Sidera, rombongan melalui tanah luas yang banyak diisi tenda-tenda pengungsi. Terlihat ada denyut-denyut gerakan pemerintah disini meski tidak terlalu masif, yakni pembangunan ruang-ruang sementara dengan besi baja.

Di dapur umum dan posko Sidera, rombongan mendapati bahwa relawan Non-Muslim telah bergerak dengan misi mereka, dan meninggalkan stiker-stiker misi suci mereka, khas seperti gerakan mereka biasanya.

Para pahlawan sebenarnya disini di antaranya adalah para juru masak yang mewakafkan waktunya bahkan hingga hari ke-18 sejak bencana terjadi. Para relawan dengan idenya masing-masing sejatinya juga penggerak-penggerak penting bangkitnya denyut nadi Kota Palu. Para muhsinin, seperti seorang habib yang mewakafkan tanahnya seluas 5 Hektar untuk dibangun rumah pengganti pun bagian dari cara Allah untuk menghadirkan ruang-ruang kebaikan. Pada akhirnya, semua berharap, umat terbangun dari menomorduakan agama dari adat istiadat, dan bahwa persatuan umat itu sangat penting. Masyarakat juga diharapkan sadar betapa pentingnya memiliki pemerintah yang dapat bergerak cepat, dan partai politik yang bergerak dengan tulus melayani umat. Tidak lupa para aparat militer TNI yang terlihat begitu siap bergerak berdampingan di tengah masyarakat yang wilayahnya hancur lebur. Tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengembalikan segala sesuatunya.

Donasi Palu perdana yang berhasil kami himpun sebanyak 300 juta, kami sudah salurkan untuk membantu warga yang ada di posko-posko pengungsian,  memberikan bantuan untuk 6 (enam) dapur umum dan memberikan bantuan untuk para relawan yang rumahnya juga hancur tetapi terus bergerak membantu warga yang mendapat musibah yang sama, yang berada di posko-posko pengungsian. Bantuan datang dari berbagai pihak di dalam negeri, baik pribadi, komunitas, maupun organisasi. Bantuan juga datang dari luar negeri seperti dari PERMAI (Persatuan Masyarakat Indonesia) Brunei Darussalam.

Semoga, bantuan kami yang tidak seberapa bisa sedikit menghadirkan senyum untuk duka Palu. Kerja masih panjang untuk mendukung Palu kembali bergeliat sebagai awalnya. Mari terus kita galang kebersamaan untuk Palu.
[islamedia]
Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8050,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: Hadirkan Senyum untuk Duka Sulteng
Hadirkan Senyum untuk Duka Sulteng
ormas Islam dan Komunitas dakwah, bersepakat untuk beraliansi strategis membantu korban bencana Palu, di antaranya : Al-Hayah Hayatuna, Nasyitha Center ( NC), Ikatan Da'i Indonesia ( IKADI), Majlis Islam ( MANIS.ID), Adab Insan Mulia, Secerah Negri, dan Komunitas Sedekah Harian. Beberapa ormas Islam lainnya telah berangkat juga seperti BKPRMI dan PUI.
https://3.bp.blogspot.com/-95FQZgVt2AY/W8mKBNL8ICI/AAAAAAAALVg/TVX2Gq8XbjoSZooLhBjtUnrkL0J5wK8iwCLcBGAs/s640/c077d898-3944-4ab9-b2ea-1a841756adc4.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-95FQZgVt2AY/W8mKBNL8ICI/AAAAAAAALVg/TVX2Gq8XbjoSZooLhBjtUnrkL0J5wK8iwCLcBGAs/s72-c/c077d898-3944-4ab9-b2ea-1a841756adc4.jpg
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2018/10/hadirkan-senyum-untuk-duka-sulteng.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2018/10/hadirkan-senyum-untuk-duka-sulteng.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content