Khutbah Idul Adha 1439 H : MENELADANI NABI IBRAHIM MENGEMBAN MISI AL-AQSHA

Hari ini adalah hari agung nan mulia. Hari pamungkas penutup hari-hari paling utama sepanjang tahun _(afdhalu ayyâmi ad-dunyâ)_, yaitu sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.

Khutbah Idul Adha 1439 H

اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ،
اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ،
اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ،
اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْراً، وَاْلحَمْدُ للهِ كَثِيْراً، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً 
لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، وَللهِ اْلحَمْدُ .



اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ سَهَّلَ لِعِبَادِهِ طُرُقَ اْلعَبَادَةِ وَيَسَّرْ، وَتَابَعَ لَهُمْ مَوَاسِمَ اْلخَيْرَاتِ لِتَزْدَادَ أَوْقَاتُهُمْ بِالطَّاعَاتِ وَتَعَمَّرْ، اْلحَمْدُ للهِ عَدَدَ حُجَّاجِ بَيْتِهِ الْمُطَهَّرْ، وَلَهُ اْلحَمْدُ أَعْظَمُ مِنْ ذَلِكَ وَأَكْثَرْ، اْلحَمْدُ للهِ عَلَى نِعَمِهِ الَّتِي لَا تُحْصَرْ، وَالشُّكْرُ لَهُ عَلَى آلَائِهِ الَّتِي لَا تُقَدَّرْ، 




وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ مَلَكٌ فَقَهَّرْ، وَتَأَذَّنَ بِالزِّيَادَةِ لِمَنْ شَكَرْ، وَتَوَعَّدَ بِاْلعَذَابِ مَنْ جَحَدَ وَكَفَرْ، تَفَرَدَ بِاْلخَلْقِ وَالتَّدْبِيْرِ وَكُلِّ شَيْءٍ عِنْدَهُ مُقَدَّرْ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَاحِبُ اْلوَجْهِ الأنْوَرْ، وَالْجَبِيْنُ الْأَزْهَرِ، طَاهِرُ الْمُطَهّرِ والمَخْبَرْ ، وَأَنْصَحَ مَنْ دَعَا إِلَى اللهِ وَبَشَّرَ وأنْذَرْ، وَأَفْضَلَ مَنْ صَلَّى وَزَكَى وَصَامَ وَحَجَّ وَاعْتَمَرْ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْماً مَدِيْداً وَأَكْثَرْ . . . أَمَّا بَعْدُ :أًوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ نَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ اْلمُتَّقُوْنَ.  قَالَ اللهُ تَعَالَى : "اْليَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكًمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ اْلإِسْلاَمَ دِيْناً" ،


Jamaah Idul Adha yang dimuliakan Allah…

Hari ini adalah hari agung nan mulia. Hari pamungkas penutup hari-hari paling utama sepanjang tahun _(afdhalu ayyâmi ad-dunyâ)_, yaitu sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Hari ini merupakan hari pertemuan antara 10 hari pertama Dzulhijjah dan hari Tasyriq, dimana hari-hari itu semua dijadikan sebagai hari untuk memperbanyak dzikir dan takbir. Sebagaimana firman Allah dalam surat al-Hajj ayat 28: 



{وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ} [الحج: 28]

_“Supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan”_ (QS. Al-Hajj: 28) 

Hari-hari yang ditentukan yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Sedangkan firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 203 yang menunjukkan perintah dzikir pada hari Tasyriq, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah adalah: 




{وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ} [البقرة: 203]

_“Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang.”_ (QS. Al-Baqarah: 203) 

Hari yang berbilang di sini maksudnya adalah hari-hari Tasyriq. Selain memperbanyak dzikir, pada hari-hari ini dijadikan sebagai hari untuk makan dan minum, menikmati hasil penyembelihan hewan qurban, sehingga puasa diharamkan pada hari-hari ini. 


Hari ini merupakan hari kebahagiaan dan hari persatuan umat Islam. Seluruh umat Islam berdzikir mengagungkan asma Allah dengan alunan takbir, mensucikan dzat Allah dengan lafazh tahlil, dan dan memuji segala keagungan-Nya dengan kalimat tahmid. _Allaahu Akbar..Allaahu Akbar…Allaahu Akbar…Laa Ilaaha Illallaah… Allaahu Akbar wa Lillaahilhamd._

  
Setelah kemarin pada tanggal 9 dzulhijjah, para jamaah haji wukuf di Padang Arafah, dijanjikan ampunan oleh Allah dan pembebasan dari api neraka. Begitu juga umat Islam yang tidak sedang menjalankan Ibadah Haji, dijanjikan ampunan dosa dua tahun bagi yang menjalankan ibadah Puasa Arafah. 

Bagi kita yang tidak sedang menjalankan ibadah haji di Baitullah, disyariatkan melaksanakan Shalat Idul Adha. Kemudian dilanjutkan dengan _taqarrub_ (mendekatkan diri) kepada Allah dengan menyembelih hewan qurban. Hewan-hewan qurban itu kita beli dengan rezeki yang Allah titipkan kepada kita, untuk dikembalikan kepada Allah dengan cara menyembelihnya sesuai syariat-Nya. Menyebut nama Allah _(Bismillahi Allahu Akbar)._


Daging hewan qurban pun dikembalikan lagi oleh Allah kepada kita. Kita diberikan hak sebagian untuk dinikmati, dan sebagaian yang lain dibagikan kepada orang lain, sehingga semua orang merasakan kebahagiaan yang sama. Merasakan makan daging bersama, karena sesungguhnya betapa banyak saudara kita yang hanya merasakan daging setahun sekali. Hanya ketika hari raya Idul Adha. Sesugguhnya Allah tidak membutuhkan materi daging qurbannya, tapi kepasrahan, ketaatan, ketundukan, totatalitas penghambaan, dan ketakwaan kita kepada Allah yang akan diterima-Nya. Allah berfirman dalam surat Al-Hajj ayat 37:



{لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ كَذَلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ} [الحج: 37]

_“Daging-daging dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan darimulah yang dapat mencapaiya.”_ (QS. Al-Hajj)

*Jama’ah Idul Adha yang dimuliakan Allah...*

Ibadah Qurban ini merupakan ajaran Nabi Ibrahim a.s. ribuan tahun yang lalu. Sungguh agung keteladanan Ibrahim bersama putra dan istrinya; Ismail dan Hajar _(alyhimussalâm)._ Beliau mengajarkan kepada kita akan pentingnya membangun kehidupan rumah tangga yang kokoh berdasar akidah, kemuliaan akhlak, dan ketekunan ibadah. Keluarga Nabi Ibrahim adalah contoh ideal kehidupan rumah tangga. Seluruh anggota keluarga kompak dan saling mendukung dalam menjalankan ketaatan kepada Allah _(subhanahu wa ta’aalaa)._

Ketika datang perintah Allah, panggilan Allah telah sampai kepadanya, maka sebagai hamba yang taat, seorang Ibrahim _(alayshissalam)_ dengan sigap melakukan seluruh yang Allah perintahkan kepadanya. Meskipun harus melalui ujian yang paling berat. Menyembelih puteranya sendiri bernama Ismail _(alayhissalam)._ Sungguh ini ujian berat. Betapa tidak? Untuk melahirkan Ismail, Nabi Ibrahim menunggu penantian waktu yang sangat panjang. Sampai-sampai beliau putus asa dengan usianya yang renta, tidak mungkin akan melahirkan keturunan bersama istrinya. Tapi Allah Maha Kuasa.


Anak yang lahir dalam kondisi seperti ini, tentu sangat mahal bagi kedua orangtuanya. Apapun dilakukan kedua orang tuanya demi menjaga anaknya. Tetapi justeru Allah perintahkan Ibrahim untuk menyembelih Ismail putra yang sangat disayanginya. Namun, karena itu perintah Allah, maka Nabi Ibrahim _(alayhissalam)_ tidak ragu sedikitpun, tidak takut kehilangan. Semuanya dilakukan dengan sangat baik dan penuh ketaatan. 

Ternyata tidak hanya Sang Ayah yang tangguh. Tetapi puteranya yang lahir dan tumbuh dalam didikan Nabi Ibrahim dan Hajar, Nabi Ismail pun tidak ragu-ragu menyerahkan dirinya untuk disembelih ayahnya, demi menjalankan perintah Allah. Luar biasa! Seorang Ismail a.s. sang anak yang akan dikorbankan oleh ayahnya menjawab dengan penuh keyakinan, tanpa keraguan sedikitpun, dan penuh penghormatan terhadap seorang ayah yang sedang menjalankan perintah Allah. 




قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِن شَاء اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ

_“Wayai ayahanda, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insya Allah ayahanda akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.”_ (QS. Ash-Shaffat: 102)

*Ummat Nabi Muhammad yang dimuliakan Allah…*

Sebagai umat Nabi Muhammad _shallallahu ‘alaihi wa sallam_, kita mempunyai hubungan istimewa dengan Nabi Ibrahim _‘alaihissalam_. Bahkan kita berhutang cinta kepada Nabi Ibrahim _(alayhissalam),_ karena beliau menunjukkan cinta dan perhatiannya kepada kita umat Nabi Muhammad _(shallallahu ‘alaihi wasallam)._

Satu-satunya nabi yang berkirim salam cinta kepada kita melalui Nabi Muhammad _shallallhu ‘alahi wa sallam_, adalah Nabi Ibrahim _(alayhissalam)._ Kapankah itu terjadi? Dimanakah keduanya bertemu? Peristiwa ini terjadi pada malam yang istimewa dan di tempat yang sangat istimewa. Pertemuan dua hamba Allah terbaik pada malam diperintahkannya shalat lima waktu, pada malam Isra` Mi’raj. 

Malam hari itu Allah pertemukan Rasulullah _(shallallahu ‘alaihi wasallam)_ dengan seluruh nabi dan rasul. Mulai dari nabi Adam hingga nabi terakhir sebelum beliau. Pertemuan ini terjadi di dalam Masjid Al-Aqsha yang diberkahi. Satu-satunya tempat di dunia ini yang dipilih Allah untuk mempertemukan seluruh hamba-hamba pilihan-Nya yang terbaik. Di tempat ini semuanya shalat bersama dengan Nabi Muhammad Saw., seluruh nabibdan rasul makmum kepada Nabi Muhammad _(shallallahu ‘alayhi wasallam)._ Shalat jamaah terbaik sepanjang sejarah kemanusiaan. Imamnya Nabi Muhammad dan makmumnya seluruh nabi dan rasul. 


Hubungan istimewa kita dengan Nabi Ibrahim _(alayhissalam),_ juga dibuktikan dengan perintah Allah _(subhanahu wata’ala)_ kepada kita, umat Nabi Muhammad _(shallallahu ‘alayhi wasallam)_ menjawab salam cinta Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad _shallallahu ‘alaihi wa sallam,_ shalawat ibrahimiyah, dalam setiap shalat kita, setiap tasyahhud akhir kita. 


*Ya ummata Muhammad Rasulillah …. !*

Banyak ayat Al-Quran yang menunjukkan keterkaitan Nabi Ibrahim _(alayhissalam)_ dengan Masjid Suci Al-Aqsha. Diantaranya Allah menjadikan Nabi Ibrahim sebagai pemimpin dunia, setelah beliau hijrah ke Baitul Maqdis, masuk ke dalam Masjid Al-Aqsha dan membawa misi Al-Aqsha.



إِنِّيْ جَاعِلُكَ لِلنَّاسِ إِمَامًا (البقرة: 124) 


_“Sesungguhnya Aku menjadikan engkau sebagai pemimpin sekalian manusia.”_ (QS. Al-Baqarah) 

Begitu juga Nabi Muhammad _(shallallahu ‘alayhi wasallam)_ dinobatkan sebagai pemimpin dunia, juga terjadi di dalam Masjid Al-Aqsha. Ketika beliau diperintahkan menjadi imam, mengimami seluruh nabi dan rasul. Sehingga beliau mendapatkan gelar _imaamu al-anbiya` wa al-mursalin._


Keterikatan Nabi Ibrahim _‘alaihissalam_ dengan Baitul Maqdis dan Palestina semakin kuat, dengan dikuburkannya jenazah beliau di Palestina, tepatnya di Kota Al-Khalil. Nama kota ini juga diambil dari salah satu titel mulia Nabi Ibrahim _‘alaihissalam,_ yaitu _Khalilullah_ (kekasih Allah). Nabi Ibrahim _‘alaihissalam_ dikuburkan di area di Masjid Al-Ibrahimy, beserta dengan istrinya. 

Tidak banyak yang tahu tentang Masjid Al-Ibrahimy, di sinilah letak kuburan Nabi Ibrahim, Nabi Ishak, dan Nabi Ya’qub _(alayhimussalam)._ Bagaimana nasib Masjid ini sekarang? Dua pertiga dari Masjid Al-Ibrahimy ini direbut dan dikuasi oleh Zionis Israel. Mereka berambisi ingin menguasai tiga makam nabi mulia tersebut. Selain Masjid Al-Aqsha, masjid yang juga ingin dikuasi oleh Zionis Israel adalah Masjid Al-Ibrahimy.

Orang-orang Yahudi Israel ingin membuktikan klaim mereka, bahwa Nabi Ibrahim beragama Yahudi. Padahal sangat jelas dibantah Allah dalam Al-Quran: 



مَا كَانَ إِبْرَاهِيْمُ يَهُوْدِيًّا وَلاَ نَصْرَانِيَّا وَلَكِنْ كَانَ حَنِيْفاً مُسْلِماً وَمَا كَانَ مِنَ اْلمُشْرِكِيْنَ (آل عمران: 67)


_“Bukanlah Ibrahim itu seorang Yahudi, bukan juga orang Nasrani, tetapi Ibrahim adalah seorang yang agamanya lurus, Muslim, dan bukan yang menyekutukan Allah.”_ (QS. Ali Imran: 67)

Zionia Israel juga mempertontonkan kezaliman dan kekejamannya di hadapan umat manusia. Pada hari Jumat, tanggal 25 Februari 1994, bertepatan dengan tanggal 15 Ramdhan 1415 H, seorang ekstrimis Yahudi bernama Baruch Goldstein, menembaki jamaah Masjid Al-Ibrahimy ini ketika umat Islam sedang melaksanakan shalat Subuh berjamaah, mengakibatkan 29 syahid dan 15 orang luka-luka. 


Kejahatan yang dilakukan oleh Zionis Israel terhadap tempat suci di Palestina tidak pernah berhenti sejak penjajahan Palestina. Masjid Al-Aqsha setiap hari dikepung Zionis Israel. Berbagai UU dikeluarkan Knesset Parlemen Israel untuk mengambil alih Masjid Al-Aqsha dari Kaum Muslimin. Sehingga kaum Muslimin di Palestina tidak leluasa melaksanakan ibadah di masjidnya sendiri. Di rumah Allah. Di tempat pertemuan Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim, juga pertemuan seluruh nabi dan rasul. Di tempat pertama kali dilaksanakan shalat berjamaah. Di tempat yang dijadikan sebagai kiblat pertama umat Islam. Di tempat yang diberkahi Allah. 


*Kaum Muslimin rahimakumullah…*

Hari-hari ini kita bertepatan dengan momentum-momentum besar. Tanggal 17 Agustus kemarin kita memperingati kemerdekaan RI yang ke-73. Perlu kita ingat, bahwa kemerdekaan yang kita dapatkan, tidak lepas dari peran seorang tokoh ulama Palestina, Mufti Besar Palestina bernama Syaikh Muhammad Amin Husaini, orang pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia dan memfatwakan jihad untuk membantu Indonesia terlepas dari penjajahan. 

Juga seorang tokoh Palestina bernama Syaikh Mohammad Ali Thaher, yang memberikan seluruh uangnya yang disimpan di Bank Arabi kepada delegasi Indonesia yang mencari dukungan kemerdekaan di Dunia Arab-Islam. Hingga hari ini Palestina menunjukkan kesetiaannya kepada Indonesia. Ucapan selamat HUT RI tahun ini mengalir deras dari ulama dan masyarakat Palestina kepada Indonesia.


Yang terakhir. Sejak akir bulan Juli lalu hingga hari ini, saudara kita yang berada di Lombok dan sekitarnya diguncang gempa bumi bertubi-tubi, menelan ratusan jiwa anak bangsa Indonesia, ribuan luka-luka, dan puluhan ribu pengungsi kehilangan tempat tinggal. Oleh karenanya, kami mengajak kepada para jamaah sekalian untuk memberikan kepedulian terhadap saudara kita di Lombok. Bantu dengan doa, bantu dengan harta, bantu dengan segala yang bisa kita berikan. Sebagian hewan kurban kita hendaknya bisa dinikmati dan meringankan beban saudara kita di sana. 



اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات، والمؤمنين والمؤمنات. اللهم أعز الإسلام والمسلمين، وأذل الشرك والمشركين، ودمر أعداء الدين، واجعل هذا البلد آمناً مطمئناً وسائر بلاد المسلمين، اللهم من أراد المسلمين بسوء فأشغله بنفسه، واجعل تدبيره تدميراً عليه يارب العالمين، اللهم أصلح أئمتنا وولاة أمورنا، واجعل ولايتنا فيمن خافك واتقاك برحمتك يا أرحم الراحمين، اللهم إنا نسألك الجنة، ونعوذ بك من النار، اللهم اجعلنا هداة مهتدين غير ضالين ولا مضلين، اللهم احفظنا بالإسلام قائمين، واحفظنا بالإسلام قاعدين، واحفظنا بالإسلام راقدين، ولا تشمت بنا الأعداء ولا الحاسدين يارب العالمين، ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار، 


عباد الله : إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذي القربى ، وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون ، فاذكروا الله العظيم يذكركم ، واشكروه على نعمه يزدكم ، ولذكر الله أكبر والله يعلم ما تصنعون


Disusun oleh : H. Ahmad Musyafa’, Lc.,M.Pd.I
Direktur International Aqsa Institute (IAI), Dept. Keummatan Koalisi Indonesa Bela Baitul Maqdis (KIBBM), MPO Indonesia for Palestine


[islamedia]
Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8050,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: Khutbah Idul Adha 1439 H : MENELADANI NABI IBRAHIM MENGEMBAN MISI AL-AQSHA
Khutbah Idul Adha 1439 H : MENELADANI NABI IBRAHIM MENGEMBAN MISI AL-AQSHA
Hari ini adalah hari agung nan mulia. Hari pamungkas penutup hari-hari paling utama sepanjang tahun _(afdhalu ayyâmi ad-dunyâ)_, yaitu sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.
https://2.bp.blogspot.com/-N0w9kkZTZc0/W3xEWf-doTI/AAAAAAAAK98/yZ21R2kG03YFMEyzNz7tnAheXZ75s4rJgCLcBGAs/s640/idul%2Badha%2B1439%2Bh.png
https://2.bp.blogspot.com/-N0w9kkZTZc0/W3xEWf-doTI/AAAAAAAAK98/yZ21R2kG03YFMEyzNz7tnAheXZ75s4rJgCLcBGAs/s72-c/idul%2Badha%2B1439%2Bh.png
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2018/08/khutbah-idul-adha-1439-hijriah.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2018/08/khutbah-idul-adha-1439-hijriah.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content