Nilai Tukar Rupiah Terus Anjlok, Hari Ini Tembus Rp14.403 Per Dolar Amerika


rupiah melemah
Islamedia Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat terus mengalami pelemahan, bahkan sudah melewati angka Rp.14.000 tercantum dalam situs resmi Bank Indonesia bi.go.id, senin, 2 Juli 2018.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar kurs jual sebesar Rp.14.403 sedangan Kurs Beli Rp. 14.259 per 1 dolar AS. Nilai rupiah terus mengalami pelemahan diatas 14.000 sejak bulan Mei 2018.

(baca : Situs Resmi BI : Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp14.106 Per Dolar Amerika).

Menurut analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengungkapkan bahwa penurunan nilai rupiah disebabkan para pelaku pasar masih mencermati perkembangan dari potensi terjadinya perang dagang antara AS dan Tiongkok sehingga permintaan akan mata uang 'safe haven' masih lebih besar.

Reza menuturkan, pelaku pasar tengah menantikan sentimen dari dalam negeri terutama rilis data-data ekonomi di awal bulan.

Dari dalam negeri sendiri memang belum ada sentimen terbarukan selain dari kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia yang memang ditunggu pelaku pasar.

Adanya pernyataan Menko Perekonomian, Darmin Nasution, bahwa kenaikan tersebut mengikuti perkembangan global yang ada dan antisipasi terjadinya capital outflow cukup direspon positif.[islamedia].

Baca Ini Juga ...: