PBNU : Fanspage Facebook "Generasi Muda NU" Bukan Bagian dari Struktur Organisasi NU


Islamedia Ketua Lembaga Dakwah (LD) PBNU Maman Imanulhaq menegaskan bahwa apa yang diunggah Fanspage Facebook "Generasi Muda NU" tidak merepresentasikan sikap NU sama sekali. Dikarenakan Fanspage Facebook "Generasi Muda NU" bukan bagian dari struktur organisasi NU.

"Yang pasti itu bukan resmi dari NU. NU tidak akan mengeluarkan (rilis) apapun. Karena sebetulnya, semua orang itu bisa jadi da'i," ujar Maman seperti dilansir kumparan.com, senin (21/5/2018).

Maman mengungkapkan bahwa bukan tugas NU untuk menilainya, semua orang berhak mendakwahkan apa yang diyakininya kepada orang lain. Meski begitu, NU selalu memberikan batasan-batasan bagi para pendakwah di Indonesia. 

"NU memberikan semacam batasan-batasan bahwa seorang mubaligh di Indonesia paling tidak memiliki tiga kriteria. Kriteria pertama, memamami pemahanan islam yang komprehansif, kedua, memiliki wawasan kebangsaan dan ketiga, dia harus memiliki simpati kepada nilai-nilai kemanusiaan," jelas Maman yang juga merupakan Wasekjen PKB ini.

Lebih lanjut Maman mempersilakan jika ada pihak yang dirugikan dan  ingin menuntut Fanspage Generasi Muda NU itu secara hukum. Dirinya pun berpikir bahwa fanspage tersebut mungkin memiliki pandangan tersendiri. sukan agar masyarakat tak perlu resah.   


Seperti diketahui bahwa Fanspage Facebook Generasi Muda NU memposting 20 nama penceramah yang dicap radikal dan harus dihindari. Dalam 20 daftar nama tersebut, terdapat nama-nama penceramah kondang yang tak asing lagi di masyarakat. Beberapa di antaranya adalah Abdul Somad, Khalid Basalamah, Habib Rizieq Syihab, Bachtiar Natsir, hingga Salim A Fillah. [islamedia].