Lahir Tahun 1900, Muslimah Indonesia Ini Berhijab Besar dan Lebar



Islamedia Mubaligh Muda asal Bogor Akmal Sjafril menepis anggapan bahwa Hijab lebar identik dengan Rohani Islam atau Rohis. 

"Begini nih pakaian Muslimah Padang Panjang. Rohis mana ini? LDK dr kampus radikal mana? PKS ya?" tweet Akmal dengan akun @malakmalakmal sembari mengunggah foto Muslimah berhijab lebar, ahad(27/5/2018).

Lebih lanjut Akmal menjelaskan bahwa foto yang diunggahnya bukanlah foto masa kini, melainkan foto lama yang sudah berusia puluhan tahun.

Sosok hijab lebar dalam foto tersebut bernama Syekhah Hajjah Rangkayo Rahmah El Yunusiyah yang lahir pada tahun 1900 Masehi.

"Beliau Rahmah El Yunusiyyah, lahir th 1900. Nenek kita nih" jelas Akmal.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Islamedia  Rahmah El Yunusiyyah adalah seorang reformator pendidikan Islam dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan pendiri Diniyah Putri, perguruan yang saat ini meliputi taman kanak-kanak hingga sekolah tinggi. 

Bahkan Rahmah memelopori pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di Padangpanjang, menjamin seluruh perbekalan dan membantu pengadaan alat senjata mereka sewaktu Revolusi Nasional Indonesia.[islamedia].