Mengasah Keterampilan Berbahasa Tingkat Tinggi


Islamedia Pertemuan ke-3 SHIELD MTT 2018 menyajikan materi “Jurnalistik Dasar” dengan menghadirkan Redaktur Kantor Berita Semesta, Erwin Kurniawan S.IP, sebagai narasumber. Kuliah ini diselenggarakan di Telkomsel Smart Office (TSO) Building, Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (20/03) malam.

Berita adalah segala yang menarik perhatian manusia dan menyangkut kepentingan umum, serta dilaporkan oleh wartawan melalui media,” ujar Erwin mengawali materi di kelas.

Selanjutnya, Erwin menjelaskan tentang ilmu jurnalistik dasar. “Dalam dunia jurnalistik, suatu informasi layak dikatakan berita jika  informasi tersebut bersifat tidak biasa atau mengandung unsur ketidaklaziman. Selain itu harus memenuhi unsur nilai berita, memperhatikan etika jurnalistik dan bagaimana sistematika penulisan yang benar, termasuk mau mengambil angle berita dari mana,” paparnya.

Menulis adalah keterampilan berbahasa tingkat tinggi setelah menyimak, mendengarkan, membaca dan berbicara. Tulisan akan abadi dan menjadi sejarah yang usianya lebih panjang dari usia biologis si penulis tersebut,” pungkas Erwin di akhir kuliah.

Selain mengikuti perkuliahan, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk membuat sebuah reportase yang baik dari contoh suatu kejadian, dan mengoreksinya menggunakan ilmu jurnalistik yang sudah disampaikan sebelumnya oleh narasumber.

Salah seorang peserta SHIELD MTT 2018, Jowvy Kumala yang sehari-harinya berkerja di TSO mengungkapkan kesannya di pertemuan ke-3 ini. “Jebakan saat menulis adalah selalu ingin menuliskan semua info yang diketahui. Lewat pelatihan ini jadi paham bahwa angle tulisan itu bisa dibagi-bagi, tergantung mau fokus kemana,” ungkapnya. [islamedia/widuri/abe]