Ustadz Bachtiar Nasir : Islam Berhak Menolak Upaya PK Ahok



Islamedia Terdakwa penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias ahok mengajukan Sidang pemeriksaan berkas Peninjauan Kembali (PK) yang digelar pada hari ini, Senin (26/2). Terkait hal tersebut, Ustadz Bachtiar Nasir (UBN) yang menjadi Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama mengatakan bahwa itu adalah hak Ahok, namun Umat Islam juga punya hak.

"Tentang PK Ahok sebagai sebuah proses saya kira itu adalah hak Ahok, Mahkamah Agung dan dunia peradilan," ujar Ustadz Bachtiar Nasir seperti dilansir republika, Ahad (25/2/2018) sore. Siapapun punya hak untuk mengajukan PK atas kasus yang sedang dijalaninya, termasuk Ahok.

Meskipun demikian, menurut Ustadz Bachtiar umat Islam juga memiliki hak untuk menyuarakan penolakan atas PK tersebut. Hak setiap warga negara juga menyatakan pendapat, menggalang aksi melakukan penolakan PK atas kasus penodaan agama yang telah dilakukan oleh Ahok.

"Teman-teman juga punya hak untuk mengepresikannya di lapangan secara konstitusional dan demokratis," tegas Bachtiar.

Sidang PK Ahok yang diajukan sejak tanggal 2 Februari 2018. PK Ahok akan diajukan dengan membandingkan putusan sidang kasus yang menjerat Buni Yani. Sidang berkas PK Ahok kemungkinan akan dipimpin oleh tiga hakim yaitu Salman Alfaris, Mulyadi, dan Tugianto. Pihak kejaksaan juga kemungkinan menunjuk jaksa Ali Mukartono yang menjadi ketua tim jaksa penuntut umum (JPU) Ahok dalam kasus penistaan agama.[islamedia]

Baca Ini Juga ...: