Dubes Arab Saudi : Nyanyi Saat Sa'i Umroh Tidak Boleh dan Tidak Pantas


Islamedia Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi akhirnya buka suara atas Aksi bernyanyi saat Sai yang dilakukan oleh sejumlah jamaah Umroh asal Indonesia.

Pernyataan Osama disampaikan dalam sebuah dialog dengan Wakil Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Ustadz Fahmi Salim. Dalam dialog tersebut Ustadz Fahmi sebagai penerjemah pernyataan Osama.

Menurut Osama, aksi nyanyian saat Umroh adalah aktivitas yang tidak pantas dilakukan dan tidak boleh.

"Hal seperti itu sebenarnya tidak pantas dan tidak boleh. Jadi kalau semua diperbolehkan nyanyi lagu kebangsaan atau syiar-syiar diluar ibadah nanti semua orang melakukan hal yang sama dan akan menimbulkan kegaduhan" Ujar Osama dalam jumpa pers, selasa(27/2/2018).

Osama menhimbau agar saat pelaksanaan Sai dikhususkan untuk melakukan Ibadah kepada Allah, bukan melakukan aksi lain.

"Kita khususkan untuk Ibadah, dzikir kepada Allah, bukan untuk yang lain" himbau Osama.

Meskipun demikian, pihak Kerajaan Arab Saudi menganggap bahwa Aksi jamaah Umroh Indonesia ini dilakukan karena ketidaktahuan atau kekurang tahuan dan meminta agar jangan diulangi lagi.

"Mungkin itu karena ketidaktahuan mereka, kekurangtahuan, kita tidak mengatakan mereka akidahnya rusak ataupun tidak baik. Sebab mereka kelompok ahlu sunnah waljamaah juga. Hanya kita mengingatkan agar kejadian ini jangan sampai terulang lagi" tambah Osama.

Saat ditanya apakah ini sikap resmi Kerajaan Arab Saudi, Osama menjawab : "Ini pernyataan sebagai seorang Muslim dan sebagai pejabat Kerajaan Arab Saudi".
      
Berikut ini video wawancara Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi terkait Nanyian Saat Umroh yang diunggah di channel youtube Voa Islam TV




Senada dengan Dubes Saudi, Pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis juga menegaskan bahwa Aksi bernyanyi saat Sai Umroh merupakan perbuatan yang tidak pada tempatnya. (baca : MUI : Nyanyi Lagu Saat Sa'i Umrah, Tidak Pada Tempatnya).

Seperti diketahui, setidaknya sudah ada dua video yang viral saat jamaah umrah Indonesia melakukan sa'i di Makkah. Video pertama, yaitu video jamaah yang melakukan sa'i sambil membaca teks Pancasila. Video kedua, yaitu video jamaah yang melakukan sa'i melantumkan lagu hubbul wathon. [islamedia]



Baca Ini Juga ...: