Raja Yordania : Masyarakat Internasional Harus Lindungi Hak Rakyat Palestina



Islamedia Raja Yordania Abdullah II mengingatkan kepada seluruh masyarakat internasional seharusnya memenuhi tanggung jawabnya untuk melindungi hak-hak rakyat Palestina di Yerusalem. Ia pun mendesak dunia agar mendukung eksistensi badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA).

"Masyarakat internasional harus memenuhi tanggung jawabnya untuk melindungi hak-hak rakyat Palestina, baik itu Arab, Muslim dan Kristen di Yerusalem," kata Raja Abdullah dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir republika, Selasa (30/1/2018).

Menurut Raja Abdullah, pemenuhan hak semua warga atau masyarakat yang tinggal di Yerusalem penting dilakukan. "Sebab kota ini merupakan kunci untuk mencapai perdamaian dan stabilitas di kawasan ini," tegas Raja Abdullah.

Raja Abdullah juga menyerukan masyarakat internasional agar mendukung eksistensi UNRWA yang sedang mengalami kemacetan pendanaan. Hal ini disebabkan dipangkasnya dana bantuan untuk UNRWA sebesar lebih dari 60 juta dolar oleh Amerika Serikat (AS).

Pemangkasan tersebut dilakukan semata-mata demi menarik kembali Palestina ke perundingan damai dengan Israel. 

Sejak Amerika mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, Palestina memutuskan keluar dari perundingan damai yang dimediasi Amerika. [islamedia].