Ajarilah Anak-Anak Kalian Berkuda


Islamedia Seorang Muslim harus memiliki kebugaran tubuh yang prima, yaitu dengan secara rutin melakukan olah raga. Salah satu olah raga yang dianjurkan oleh Rasulullah adalah berkuda, sebagaimana sabda beliau dalam hadits riwayat Bukhari Muslim.

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (HR Bukhari Muslim).

Dalam riwayat hadits lain Rasulullah bersabda, “Barang siapa yg mengikat (memelihara) seekor kuda di jalan Allah, kemudian ia memberinya makan dg tangannya, maka baginya dari setiap biji satu kebaikan” (HR Ibnu Majah). 


Dalam Al-Qur'an, Allah juga berfirman bahwa ada seruan untuk setiap pribadi Muslim untuk memiliki kemampuan menunggang kuda. Terdapat dalam Surat Al Anfal dan Al Aadiyaat.

Allah berfirman, “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yg kamu sanggupi dan dari (pemeliharaan) kuda-kuda yg ditambat untuk berperang (yg dg persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah,..." (QS Al Anfal 60). 

"Demi kuda perang yg berlari kencang dg terengah-engah, dan kuda yang mencetuskan api dg pukulan (kuku-kukunya), dan kuda yg menyerang dg tiba-tiba di waktu pagi, maka ia menerbangkan debu, dan menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh, sesungguhnya manusia itu sangat ingkar tidak berterima kasih kepada Tuhannya" (Qs Al 'Aadiyaat 1-6).



[islamedia]