Hari Kedua Idul Adha, Delegasi Kemanusiaan Merah Putih KNRP Berhasil Masuk Aleppo Suriah


Islamedia Delegasi Kemanusiaan Merah Putih Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) berhasil menembus perbatasan Suriah dan masuk ke wilayah Aleppo, Suriah pada Sabtu (2/9/2017). Selama dua hari delegasi merah putih KNRP yang dipimpin Ketua Umum KNRP, Suripto melakukan berbagai aksi kemanusiaan.

Kami bersyukur sekali, karena setelah melewati perbatasan, delegasi Merah Putih KNRP langsung disambut ratusan pengungsi Palestina. Mereka sebagian besar adalah anak-anak,” kata Suripto usai menyampaikan bantuan pada Selasa (5/9/2017) di Istanbul, Turki saat akan bersiap kembali ke tanah air.

Perjalanan masuk Suriah dimulai setelah solat Ashar di Ekrem Cetin Cemi, Kilis, Turki Selatan. Delegasi merah putih KNRP yang berjumlah tiga orang mulai menelusuri perbatasan Suriah hingga masuk melalui Babul Abyadh atau lebih dikenal Babus Salaam.

Lebih lanjut Suripto mengatakan, misi delegasi Merah Putih KNRP merupakan yang pertama kalinya masuk Suriah pasca terjadinya konflik berdarah. Suripto menjelaskan bahwa aksi ini merupakan aksi murni kemanusiaan dan tidak melibatkan diri dalam konflik yang sedang berlangsung, KNRP hanya ingin membantu para korban perang. 

Lebih khusus lagi para pengungsi asal Palestina yang ada di Suriah dan terpaksa menjadi pengungsi lagi karena konflik berkepanjangan yang terjadi di Suriah,” tambah Suripto didampingi Sekretaris Jendral KNRP Suhartono.

Setelah menginap di rumah penduduk, aksi kemanusiaan dilanjutkan pada Ahad, 3 September 2017 di Kota Arra'i, masih di wilayah Aleppo. Di kota kecil ini tim KNRP bekerja sama dengan NGO Turki, AFAD yang menyediakan fasilitas lokasi penyembelihan qurban dan kendaraan pendistribuan daging qurban. [islamedia/abe]