Dituduh Ikuti Konferensi IM, Empat Orang Profesor Dipecat Universitas Kairo


Islamedia Universitas Kairo mengumumkan pemecatan empat orang profesor setelah mengklaim bahwa mereka menghadiri konferensi yang diselenggarakan oleh Ikhwanul Muslimin di Jerman, demikian lansir Quds Press pada Senin.

Diberitakan Middle East Monitor, empat orang profesor tersebut bernama Ahmed Helmi Mahmoud, Ahmed Fathi Darwish, Ismail Abdel Shafi and Amro Mahmoud. Mereka menyangkal tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa mereka tidak memiliki hubungan dengan gerakan tersebut.

Menurut Abdel Shafi, dia pergi ke Jerman pada bulan Juli untuk menghadiri konferensi sains atas persetujuan rektor universitas pada saat itu Dr Jaber Nassar. Konferensi tersebut digelar oleh Yayasan Alexander von Humboldt, yang mempromosikan kerjasama akademis antara ilmuwan terbaik dan ilmuwan dari Jerman dan juga luar negeri. Yayasan tersebut, lanjutnya, memiliki reputasi yang dihormati secara internasional.

Meski demikian, rektor baru Universitas Kairo, Mohamed Othman Al-Khasht, menolak keempat akademisi tersebut dan mengatakan bahwa ia akan membersihkan universitas dari Ikhwanul Muslimin. [islamedia/abe]