Resmikan Rumah Singgah IZI Ketujuh, Gus Ipul : Ini Solusi Bagi Warga Kurang Mampu


Islamedia Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf mengatakan bahwa rumah Wakil singgah yang diinisiasi oleh Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) merupakan solusi untuk membantu pasien dan keluarga yang kurang mampu. 

"Rumah singgah pasien yang didirikan oleh Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sangat membantu pasien dan keluarga dalam berobat di rumah sakit yang berada di Kota Surabaya. Ini sangat meringankan beban, terutama bagi masyarakat kurang mampu," Demikian disampaikan Wagub Jatim yang akrab disapa “Gus Ipul” saat meresmikan Rumah Singgah Pasien IZI di Jalan Pucang Adi, Kota Surabaya pada Rabu (23/8). 
Gus Ipul mengakui, banyak masyarakat yang kebingungan mencari tempat tinggal setelah melakukan pengobatan di rumah sakit besar di kota mengingat perjalanan yang jauh dan tidak adanya tempat tinggal. Tentunya dalam hal ini pasien lebih memilih tempat tinggal di sekitar rumah sakit daripada kembali pulang ke daerahnya.
"Banyak warga dari luar Surabaya seperti Banyuwangi, Ngawi, Madura yang berobat ke kota, tentunya ini tidak mungkin langsung pulang karena membutuhkan perawatan yang intens di rumah sakit. Terkadang ada juga pasien yang melakukan rawat jalan tidak perlu menginap di rumah sakit, namun tetap saja harus bolak balik untuk konsultasi tentang penyakitnya. Maka, kami berterima kasih kepada IZI, semoga rumah singgah ini dapat memberi manfaat besar bagi pasien dan keluarga yang membutuhkan tempat tinggal, khususnya di Kota Surabaya" tegasnya.
Direktur Pendayagunaan IZI Nana Sudiana menambahkan, biaya inap di rumah singgah ini gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Hanya memang dibatasi untuk pasien dan keluarganya satu orang.
“Rumah singgah ini memiliki kapasitas 10 orang. Fasilitasnya pun dimulai dari makan tiga kali sehari, kasur, mesin cuci dan mobil ambulance. Ambulance siap bila harus mengantar dan menjemput pasien. Tentunya dananya kami alokasikan dari zakat masyarakat yang kami terima," ujar Nana.
Adapun untuk syarat khusus bagi pasien yang ingin menetap di rumah singgah ini, Nana hanya menekankan satu hal. Yakni, pasien tidak mengidap penyakit menular.
"Untuk info rumah singgah atau hendak menggunakan layanan ini, bisa menghubungi contact person kami, 0858-5325-4550," Pungkas Nana.[Islamedia/yl/rcky]