Proyek Tol di Jawa Tengah Robohkan 164 Masjid


IslamediaKoran lokal Amanah melansir headline berita yang berjudul "Proyek Tol Robohkan  164 Masjid", informasi tersebut diterima Islamedia senin(10/7/2017). 

Pemerintah sedang menggenjot proyek tol yang menghubungkan Kota Semarang-Kabupaten Batang. Ironisnya, pembangunan jalan bebeas hambatan itu mengakibatkan 164 masjid dirobohkan.

Kepala Seksi Pemberdayaan Wakaf, Bidang Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Jawa Tengah, Sohirin mengatakan ada sekitar 164 titik berupa tanah yang berbadan hukum wakaf terkena dampak pembangunan tol.

Menurut Sohirin, jumlah tersebut berdasarkan laporan dari umat yang masjidnya telah dan akan dirobohkan.

Pihaknya baru saja mendapat laporan dari umat yang tinggal di sepanjang ruas tol Pejagan, Batang, Semarang dan ruas Solo-Mantingan. 

Senada dengan berita koran Amanah, gatranews juga memberitakan bahwa proyek jalan tol Pemalang-Batang Jawa Tengah membuat resah warga, disebabkan sebuah masjid Al Hikmah Desa Ampelgading berhenti dan statusnya tak jelas hingga saat ini. Pasalnya, masjid ini terkena proyek tol Batang-Pemalang.

Masyarakat resah karena ketidakjelasan penyelesaian masjid tersebut, karena masjid tersebut satu-satunya di Desa Ampelgading yang digunakan untuk shalat berjamaah maupun untuk shalat Jumat. [islamedia]