Mengapa Allah Menciptakan Dajjal? Inilah Penjelasannya


Islamedia Salah seorang peserta acara Tabligh Akbar di Malaysia bertanya kepada Dr Zakir Naik mengapa Allah menciptakan Dajjal dan Allah memberikan kekuatan terhadap Dajjal untuk menyesatkan manusia.

Mendapat pertanyaan tersebut Dr. Zakir Naik langsung menjelaskan bahwa pada prinsipnya Allah menciptakan dajjal untuk meguji dan memberi cobaan kepada kita manusia, sungguh tiada cobaan atay ujian yang lebih besar selain cobaan yang diturunkan Allah SWT dengan menurunkan dajjal diantara manusia. 

Kemudian terkait pertanyaan mengapa Allah memberikan kekuatan kepada Dajjal, Dr. Zakir Naik menyampaikan Surat  Al-Baqarah yang menerangkan bahwa Iblis meminta kepada Allah untuk penangguhan siksaan kepadanya karena Allah telah mengutuk iblis, kerena kesalahan yang dilakukannya, sehingga iblis berkata "aku akan menyesatkan semua pengikut-Mu (Allah).

Dan pada saat itu Allah SWT berfirman "Aku memberi penangguhan (dari azab seksa) kepada kamu. Apa kamu fikir kamu hebat? Kamu (iblis) tidak akan dapat menyesatkan para pengikut-Ku (Allah), kau hanya boleh menyesatkan yang bukan pengikut-Ku ( Allah) ". Makna pengikut disini adalah hamba Allah yang taat dan Taqwa. 

Jadi kesimpulannya bahwa mengapa  Allah menciptakan dajjal untuk menguji umat manusia. dan kenapa Allah memberikan kekuatan kepadanya kerana Allah ingin menguji kita sama ada kita mampu mengikuti perintahnya atau tidak. 

Lebih lanjut Dr. Zakir Naik memberikan perumpamaan : "Kenapa guru memberikan soal ujian yang sangat susah kepada muridnya? 

Soal yang susah tersebut jika dapat dijawab dengan benar makan siswa akan memperoleh nilai yang tinggi dan penghargaan lainya. Begitu pula dengan ujian yang Allah berikan kepada manusia dengan menurunkan fitnah dajjal, apabila manusia sanggup menahan dan melewati ujian tersebut sungguh manusia akan mendapat balasan yang sangat besar dari Allah SWT. [islamedia]