Kamu Hobi Selfie? Waspada Bisa Jadi Kamu Terkena Penyakit Ini

Islamedia Selfie atau mengambil foto sendiri saat ini seakan menjadi budaya baru seiring perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih. Fenomena ini tak hanya dilakukan remaja putri, namun sudah berkembang sampai ibu-ibu, anak kecil, bahkan para pria.

Budaya selfie dilakukan dimana saja dan dalam keadaan apa saja, ketika bangun tidur, ketika sedang berada di dalam mobil, menghadiri sebuah acara, bahkan yang lebih parahnya lagi, bahkan yang sedang trend selfie saat menunaikan Ibadah Umroh maupun haji.

Tahukah anda bahwa budaya selfie yang berlebihan menandakan bahwa kamu sedang mengalami sakit, yaitu sakit hari yang biasa dikenal dengan nama UJUB.

Ujub memiliki makna mengagumi diri sendiri, merasa diri kita memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Rasulullah telah bersabda terkait Ujub yaitu

عن أبى هريرة رضي الله عنه عن رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه و سلم قَالَ: بَيْنَمَا رَجُلٌ يَتَبَخْتَرُ يَمْشِى فىِ بُرْدَيْهِ قَدْ أَعْجَبَتْهُ نَفْسُهُ فَخَسَفَ اللهُ بِهِ اْلأَرْضَ فَهُويَتَجَلْجَلُ فِيْهَا إِلىَ يَوْمِ اْلقِيَامَةَِ

Rosulullah alaihi wa sallam bersabda, “Ketika itu ada seseorang berjalan penuh gaya dengan mengenakan sepasang pakaiannya, sungguh ia merasa kagum terhadap dirinya (ujub). Lalu Allah membenamkannya ke dalam bumi, maka ia tetap tenggelam di dalamnya sampai hari kiamat”. [HR Muslim: 2088, al-Bukhoriy: 5789 dan Ahmad: II/ 315, 531. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: shahih, lihat Mukhtashor Shahih Muslim: 1362 dan Shahih al-Jami’ ash-Shaghir: 2875].

Sudah menjadi hal lumrah dan kebiasaan, orang yang melakukan selfie akan mengambil banyak foto, kemudian akan memilah-milahnya, dan mengambil hanya foto yang terlihat bagus tanpa cacat saja. 

Selanjutnya foto dipandangi berkali-kali, dan perlahan timbul rasa puas di dalam diri orang tersebut. Merasa hidungnya lebih mancung dibandingkan hidung teman-temannya, atau berpikir bahwa matanya jauh lebih indah dibandingkan kepunyaan orang lain.Selanjutnya agar kekaguman diri semakin bertambah kemudian diunggah ke media sosial miliknya baik Facebook maupun Instagram


Allah juga berfirman melalui Al-Qur’an Surah Al-Lukman ayat 18 yang berbunyi:

وَلاَتُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَتَمْشِ فِي اْلأَرْضِ مَرَحًا إِنَّ اللهَ لاَيُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’Ala tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.

Semoga kita semua terhindar dari budaya selfie yang menjurus kepada penyakit hati UJUB dan bisa bermuhasabah, agar meninggalkan kebiasaan yang kurang baik tersebut.

[islamedia]