Qatar Telah Bangun 1000 Rumah untuk Warga Gaza Palestina




Islamedia -  Wakil Ketua Biro Politik Hamas, Ismail Haniyah mengatakan, “Qatar telah melewati hambatan untuk merekonstruksi Gaza, dan berkomitmen membangun 1000 unit perumahan.”

Haniyah menyambut kedatangan Ketua Komite Qatar untuk rekonstruksi Gaza, Muhammad Imadi, Kamis (12/3/2017) di kediamannya di Gaza Barat. Haniyah menegaskan, “Rekonstruksi belum mengalami kemajuan disebabkan berbagai hal, namun Qatar berhasil melalui hambatan dan merealisir komitmennya agar dirasakan oleh warga Palestina.”

Haniyah menyebutkan, Qatar merupakan negara penyumbang terbesar untuk rekonstruksi Gaza.

Selasa lalu, Imadi menyatakan segera memulai proyek Qatar untuk rekonstruksi Gaza, dengan membangun 1000 unit perumahan, dana rekonstruksi akan ditransfer dari donasi 1 milyar USD, seperti komitmen Qatar dalam konferensi rekonstruksi Gaza di Kairo.

Haniyah berharap pemerintah persatuan Palestina memberikan kemudahan untuk menyukseskan rekonstruksi dan pembangunan 1000 unit rumah, agar warga Gaza terbebas dari bencana kemanusiaan yang tengah dihadapinya.

Haniyah melanjutkan, “Kami butuh bantuan dan dukungan, kepada segenap bangsa Arab agar bisa berkunjung ke Gaza, seperti yang dilakukan negara Qatar, sudah tiba saatnya mengakhiri blokade zalim yang menimpa Gaza.”

Menurut Haniyah, banyak pihak yang lari dari tanggung jawab terkait rekonstruksi Gaza.

Sementara itu Dubes Qatar, Muhammd Imadi dalam sambutannya mengatakan, “Dengan memuji Allah, kami mulai proyek Qatar untuk rekonstruksi Gaza, pasca terhambat lebih dari satu tahun akibat blokade, dan larangan masuk bahan bangunan.

Sejumlah negara dalam konferensi untuk rekonstruksi Gaza di Kairo pada Oktober 2014 lalu, berkomitmen membantu 5,4 milyar USD. Sebanyak 2,6 milyar diperuntukan bagi rekonstruksi Gaza, dan sisanya 2,8 milyar USD untuk anggaran pemerintahan Palestina selama rentang 3 tahun kedepan.

Ketua Komite Qatar untuk rekonstruksi Gaza, Muhammad Imadi tiba di Gaza pada Senin lalu, melalui perlintasan Bet Hanun, Gaza Utara. 


[islamedia]