Hakim yang Memvonis Ahok 2 Tahun Penjara Dimutasi Keluar Jakarta


Islamedia - Setelah menjatuhkan vonis 2 tahun penjara kepada Ahok atas kasus penistaan agama, 3 hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara dimutasi keluar Jakarta.

Ketua majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto dimutasi ke Denpasar, hakim Abdul Rosyad dimutasi ke Palu dan hakim Jupriyadi dimutasi ke Bandung.

Mutasi yang terkesan tiba-tiba langsung menuai pertanyaan publik, karena hanya jeda beberapa hari sejak vonis 2 tahun penjara kepada ahok dijatuhkan.

Sementara juru bicara Mahkamah Agung, Suhadi menjelaskan bahwa mutasi 3 hakim tersebut merupakan mutasi reguler dilakukan biasanya karena hal ini.

"Pertama, karena untuk isi kekosongan yang ada. Kedua, dia sudah waktunya. Misal sudah senior dan harus menjadi hakim tinggi. Atau misalnya di pengadilan Jakarta sudah tiga tahun lebih. Jadi dia harus mutasi reguler. SOP-nya seperti itu," ujar Suhadi seperti dilansir suara, kamis(11/5/2017).

Suhadi meyakini ketiga hakim yang memvonis Ahok dimutasi karena memang sudah waktunya.

Menurut Suhadi untuk menentukan pemutasian hakim membutuhkan waktu karena harus dilakukan penelitian.

Lebih lanjut Suhadi menjelaskan bahwa proses pemutasian hakim dilakukan oleh tim promosi dan mutasi yang di dalamnya, antara lain pimpinan MA, ketua, wakil, ketua kamar, dan dirjen.[islamedia]