Rasis, Warga Keturunan Tionghoa Caci Maki Gubernur NTB dengan Kata Babi Hitam




Islamedia - Gubernur NTB, Dr. Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) menjadi korban rasis dan perlakuan tidak menyenangkan dari seorang pria keturunan Tionghoa bernama Steven Hadisuryo Sulistyo pada hari ahad(9/4/2017).

Hanya karena kesalahpahaman saat antri di bandara, Steven dengan nada tinggi dan bahasa kasar mencaci maki Sang Gubernur. Steven caci maki Sang Gubernur dengan kalimat  “Dasar Indo, Dasar Indonesia, Dasar Pribumi, Tiko!”

Kronologis kejadianya bermula saat Sang Gubernur dan Istri sedang antri. Sang Gubernur kemudian keluar dari antrian untuk bertanya ke salah satu petugas untuk tanya info penerbangan, sedangkan sang Istri masih ada tetap di jalur antrian.

Tiba-tiba ada rombongan dibelakang datang, dimana ada Steven didalam rombongan tersebut.

Saat Sang Gubernur kembali bergabung dengan Istri dirombongan inilah kemudian Steven teriak-teriak. Steven mengira Sang Gubernur tidak menghampiri Istrinya, namun perempuan lain.

Mendapat caci maki dari Steven, Sang Gubernur dan Istri akhirnya mengalah pindah antrian, namun Steven masih terus mencaci maki.

Setelah tiba di Jakarta, Sang Gubernur mengadukan tindakan tidak menyenangkan Steven ke polisi. Alasannya saat caci maki, Steven menyebut Sang Gubernur dengan kata "TIKO" yang merupakan sebutan yang sangat merendahkan pribumi.

TIKO maknanya Tikus Kotor  atau Anjing Tanah. Dalam bahasa Hokkien disebutkan bahwa tiko artinya babi hitam.[islamedia]