Inilah Alasan Komikus Ardian Syaf Gambar Simbol 212 di Komik X-Men




Islamedia - Komikus berbakat asal Indonesia Ardian Syaf mengungkapkan alasan mengapa memuat simbol 212 pada Komik Marvel terbaru, X-Men Gold #1.

Ardian menjelaskan bahwa ia ikut aksi besar yang memprotes penodaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama (ahok) pada 2 Desember 2016. Aksi tersebut dikenal dengan aksi 212. "Saya ikut aksi besar 212, berangkat dari Jawa Timur," ujar Ardian seperti dilansir republika, Ahad (9/4/2017). 

Komik X-Men Gold tersebut, ujar Ardian, dikerjakan setelah pulang dari Jakarta. Dalam komik tersebut, simbol 212 tergambar di etalase sebuah toko di salah satu segmen komik. "Ketika saya menggambar halaman-halaman yang ada angkanya itu, itu sepulang dari Jakarta," Jelas Ardian.

Aksi 212 menurut Ardian memberikan kesan tersendiri. Ardian mengungkapkan alasannya kemudian memasukkan simbol tersebut saat menggambar komik X-Men. "212 bener-bener momen yang berkesan bagi saya. Jadi saya masukkan ke situ," papar Ardian.

Komik Marvel X-Men Gold edisi pertama menuai kontroversi setelah pembaca memprotes keberadaan simbol 212 dan Qs 5:51. Simbol tersebut terkait kasus penodaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dalam komik itu, Ardian menulis simbol QS 5:51 atau Al-maidah ayat 51 dan simbol 212. (baca: Dukung Aksi 212, Komikus Ini Selipkan Pesan 212 di X-Men Gold). [islamedia].