Konsep Kebahagiaan dalam Islam

Islamedia Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Jakarta kembali menggelar perkuliahannya yang di Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS), Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu malam (08/03/17).

Pertemuan pada Rabu malam itu adalah pertemuan yang ke-19, yang berarti hanya tersisa satu pertemuan lagi untuk menyelesaikan perkuliahan di Semester 2. Tema yang diusung adalah “Manusia dan Kebahagiaan” yang dibawakan oleh Dr. Wido Supraha dan dimoderator oleh Irfan Dzulhijjah, salah seorang pengurus SPI Jakarta.

Dalam penjelasannya, Wido mengatakan, “Kebahagiaan adalah sesuatu yang membuat kita berislam. Konsep kebahagiaan di dalam Islam terdapat dalam Al Qur’an Surat Hud ayat 105-108. Yang menyebabkan seseorang tidak bahagia adalah karena mereka bimbang dengan kebenaran. Maka dari itu untuk mencapai kebahagian, kehidupan kita harus merujuk pada Al-Qur’an dan Sunnah karena keduanya itu adalah pedoman untuk menjaga kita,” ungkapnya.

Luthfir Rahman, salah satu peserta kuliah mengatakan, “Alhamdulillaah, saya tidak perlu susah payah mencari apa arti dari kebahagiaan. Cukup dengan kuliah SPI dalam materi manusia dan kebahagiaan saya sudah bisa mendapatkan informasi yang utuh mengenai kebahagiaan,” ujarnya. [islamedia/naqiyya/abe]