Akhiri Perkuliahan Angkatan V, SPI Jakarta Bahas Serba-serbi Dakwah




Islamedia Rabu malam (15/03/17) pekan lalu menjadi akhir dari perjalanan panjang perkuliahan SPI Jakarta Angkatan V. Pertemuan malam itu menjadi penggenap dari 20 materi yang telah disiapkan pihak SPI untuk angkatan ini. Seperti biasa, perkuliahan berlangsung di Kantor INSISTS, Kalibata.

SPI Angkatan V memulai kuliah perdananya pada 7 September 2016 hingga 9 November 2016 untuk semester pertamanya, kemudian dilanjutkan pada 11 Januari 2017 hingga 15 Maret 2017 untuk semester keduanya. Dengan sistem absensi, tugas, dan DO yang diberlakukan, hanya tersisa setengah dari total 40-an peserta awal yang masih bertahan hingga akhir.

Dr. Syamsuddin Arif dipercayai menjadi pengisi materi terakhir dengan tema Serba-serbi Dakwah. Direktur Eksekutif INSISTS ini sempat menjelaskan tentang dakwah ditinjau ilmu komunikasi. “Dakwah is about communication, propagation, persuasion, and motivation; dakwah harus merangkum 4 hal ini,” simpulnya.

Pertemuan terakhir malam tersebut ditanggapi beragam oleh para peserta SPI. Ada yang merasa terbebas dari jeratan tugas, namun ada juga yang merasakan kehilangan sesuatu. “Baper, nggak bisa ketemu di kelas bareng-bareng lagi, nggak bisa merasakan dikebut reportase dan tugas karya tulis lagi,” ujar Naqiyya, salah satu peserta. [islamedia/syaiful/abe]