13 Tahun Wafatnya Pemimpin HAMAS Syaikh Ahmad Yasin



Islamedia - Syaikh Ahmad Yasin, pendiri Gerakan Perlawanan Islam Hamas, merupakan tokoh seta pemimpin spiritual dan politik yang istimewa di barisan perlawanan Palestina. Hal ini yang menjadikan Syaikh Yasin sebagai satu-satunya simbol kerja nasional paling penting sepanjang abad 20 yang lalu.

Ahmad Ismail Yasin lahir di desa bersejarah kuno bernama Jouret Ashkelon pada Juni 1936. Tahun di mana terjadi awal revolusi bersenjata melawan pengaruh Zionis yang terus meningkat di dalam wilayah Palestina.

Pada usia 16 tahun Ahmad Yasin mengalami peristiwa serius yang berdampak pada seluruh hidupnya. Dia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cidera patah tulang leher saat bermain dengan beberapa rekan-rekannya pada tahun 1952.

Setelah 45 hari lehernya berada dalam bungkusan gib, diketahui bahwa dia akan menjalani sisa hidupnya dengan kelumpuhan akibat luka yang dialaminya di masa

Syaikh Ahmad Yasin gugur pada Shubuh 22 Maret 2004 sepulang Shalat Shubuh setelah pesawat heli tempur Zionis buatan Amerika Apache melesakkan tiga buah rudal ke arah Syaikh Ahmad Yasin yang berada di atas kursi rodanya, yang saat itu sedang keluar dengan kursi roda dari masjid Majma Islami di desa Sabra di Jalur Gaza. [infopalestina]