PDIP Setuju Sertifikasi Ulama, Karena Banyak Ulama dan Kiyai Karbitan




Islamedia - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melalui wakilnya di Parlemen menyatakan persetujuanya terkait rencana sertifikasi Ulama di Indonesia. Anggota Fraksi PDIP Samsu Niang menegaskan bahwa sertifikasi ulama perlu dilakukan.

Samsu menjelaskan saat ini banyak Ulama karbiyan dan Kiyai Karbitan, belum tahu ayat langsung naik mimbar memberikan khutbah. 

"Sekarang banyak ulama yang karbitan, banyak kyai-kyai karbitan. Belum tahu ayat sudah bisa naik. Ini lah barangkali yang perlu disertifikasi," ujar Samsu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dilansir teropongsenayan, Senin (6/2/2017).

Menurut anggota dewan dari Partai Kepala Banteng degan sertifikasi maka ulama atau kiyai akan diketahui kapabilitas, integritas. 

Samsu juga menilai rencana pemerintah ini harus dipandang positif dan tidak ditafsirkan berlebihan. Inti dari keinginan pemerintah adalah agar para ulama dalam berkhutbah tidak menyampaikan sesuatu yang negatif.

"Intinya, pemerintah bagaimana ulama-ulama itu pada saat khutbah jangan mencaci maki dan lain sebagainya. Intinya seperti itu. Jadi kita harus melihat dari perspektif positif lah," ucapnya.[islamedia]