Tulisan Metallica di Bendera Merah Putih Didiamkan, Namun Tulisan Tauhid akan Ditangkap




Islamedia - Pihak kepolisian mendiamkan aksi personel Metallica dan para penontonya yang membentangkan bendera merah putih yang bertuliskan "METALLICA SOLO-INDONESIA" dalam konser 25 Agustus 2013.

Namun sikap berbeda diperlihatkan pihak kepolisian ketika ada peserta Aksi Bela Ulama yang membawa bendera merah putih bertuliskan kalimat Tauhid, Senin (16/1/2017)  

Secara khusus Kapolri Jendral Tito Karnavian menganggap bendera yang bertuliskan lafadz arab tersebut sebagai penghinaan terhadap merah putih. Tito juga memerintahkan jajarannya untuk meyelidiki siapa pelakunya.

Menurut Tito ada pasal yang mengatur bagaimana memperlakukan lambang negara, termasuk bendera. Bahkan Tito mengungkapkan bagi pelaku yang menghina bendera merah putih dapat ancaman hukuman penjara satu tahun.

"Bendera Merah Putih tidak boleh diperlakukan tidak baik, di antaranya membuat tulisan di bendera dan lain-lain, itu ada UU yang mungkin di negara lain tidak dilarang, tapi di negara kita dilarang, ada hukumannya satu tahun," jelas Tito seperti dilansir kompas, rabu(18/1/2017).[islamedia]