Page Facebook HTI Posting Berita "Erdogan Mendukung Assad" dengan Menggunakan Foto Lama Tahun 2010




Islamedia - Page Facebook resmi Hizbut Tahrir Indonesia memposting berita yang berjudul "Turki Saat Ini Secara Terbuka Mendukung Assad di Suriah" yang dipublikasikan pada hari selasa (31/1/2017).

Dalam ilustrasi foto yang ditampilkan nampak secara jelas ada foto Presiden Turki Erdogan berjabat tangan dengan Bashar Assad. Erdogan mengenakan jas hitam, sedangkan Assad mengenakan jas Abu-Abu.

Penelusuran Islamedia, foto yang ditampilkan oleh Admin Page Facebook "Hizbut Tahrir Indonesia" merupakan foto lama, bukan foto baru 2017 yang seakan-akan memperlihatkan hubungan baik Erdogan dan Assad sesuai judul berita yang diposting.

Situs gettyimages.com.au yang merupakan sumber foto Erdogan Assad menyebutkan bahwa foto tersebut diambil pada 11 Oktober 2010, saat itu Erdogan masih menjadi Perdana Menteri, jadi foto diambil sebelum terjadinya konflik suriah. 

"Syrian President Bashar al-Assad (R) shakes hands with Turkish Prime Minister Recep Tayyip Erdogan at Al-Shaab presidential palace in Damascus on October 11, 2010." demikian informasi dari situs gettyimages.com.au.


Foto Erdogan-Assad Bersalaman pada Page Facebook https://www.facebook.com/HTIID/posts/752180291603393
Sumber Foto gettyimages.com.au tahun 2010


[islamedia]