Kiyai Ma'ruf Amin : Harusnya Ahok Tidak Bicara Al-Maidah Karena Bukan Muslim




Islamedia - Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Ma'ruf Amin menyayangkan pernyataan Ahok di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Menurut Kiyai Ma'ruf Ahok sangat tidak etis bicara tentang Al-Maidah, karena yang bersangkutan bukan seorang Muslim.

"Harusnya Pak Basuki tidak bicara al- Maidah karena bukan Muslim, tidak proporsional dan tidak etis," ujar Kiyai Ma'ruf dalam sidang penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di dalam gedung Kementan, Jakarta Selatan, sebagaimana dilansir republika, Selasa (31/1/2017).

Kiyai Ma'ruf juga menegaskan bahwa sikap keagamaan yang dikeluarkan oleh MUI tanpa perlu meminta klarifikasi dari Ahok. MUI hanya berfokus pada ucapan dari Ahok mengutip surat Al Maidah ayat 51. 

"Kami tidak perlu klarifikasi. Kami tidak perlu mengetahui niat dan maksudnya. Yang kami garis bawahi hanya ucapannya," tegas Kiai Ma'ruf dalam kesaksiannya menjawab pertanyaan dari Jaksa Penuntut Umum.

Ahok dikenakan dakwaan alternatif yakni Pasal 156a dengan ancaman lima tahun penjara dan Pasal 156 KUHP dengan ancaman empat tahun penjara. Pernyataan Ahok dinilai telah melecehkan Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Islam. Ahok mengatakan bahwa dibohongin dengan surat Al Maidah 51.