Kisah Mantan Wamen Denny Indrayana Bekerja Sebagai Sopir di Australia

Islam edia - Publik Indonesia sempat dikejutkan dengan informasi bahwa salah seorang mantan Wakil Menteri (Wamen) era Pemerintahan Soesilo ...

Islamedia - Publik Indonesia sempat dikejutkan dengan informasi bahwa salah seorang mantan Wakil Menteri (Wamen) era Pemerintahan Soesilo Bambang Yudhoyono saat ini menjalani profesi sebagai sopir. Wamen tersebut adalah Denny Indrayana.

Berikut ini penjelasan lengkap langsung dari Denny Indrayana yang dipublikasikan melalui situs kumparan.com, senin, 23 Januari 2017.



Mantan Wamen Nyupir, Why Not?

Berita saya menjadi supir di Melbourne rupanya sedikit menjadi viral di media sosial. Semoga bisa menjadi selingan di tengah kesumpekan demo dan intrik politik yang sedang marak, sekaligus menggelisahkan di tanah air.

Setelah tulisan tersebut naik di salah satu media online, banyak sekali pesan singkat masuk ke hape dan akun medsos saya dan istri. Kebanyakan memberikan apresiasi. Beberapa mengkarifikasi. Tidak percaya, “Apa benar nyupir mas? Rasanya nggak percaya”. Beberapa menanggapi miring.
Wajar. Mustahil satu isu ditanggapi seragam. Perbedaan pandangan adalah keniscayaan. Sebagaimana Indonesia yang beragam suku dan agama adalah sunatullah. Profesor Mahfud, mantan Ketua MK, memberi apresiasi di akun cuitannya, “Sahabatku Denny melakukannya dengan tabah & gagah”.

Rekan Lin Che Wei di akun FB-nya menyampaikan respek. Saya memang sempat berencana bekerja bareng dengannya untuk menjadi Staf Khusus membantu Menteri Sofyan Djalil yang kala itu menjabat Kepala Bappenas. Sayangnya, rencana itu tidak sempat berjalan. Saya keburu harus ke Melbourne. Undangan untuk menjadi Visiting Professor di University of Melbourne (Australia) sebenarnya sudah saya terima sejak awal tahun 2015. Tetapi karena perlu konsentrasi dengan kasus inovasi pembayaran paspor secara online (payment gateway), saya menunda keberangkatan itu sampai awal April 2016. Jadi saya tinggal di Melbourne sebenarnya adalah sebagai Profesor Tamu pada Melbourne Law School dan Faculty Arts, dua fakultas di Universitas Melbourne, yang berkenan memberikan posisi terhormat itu, meski mereka paham betul ada masalah hukum yang sedang menjerat saya di Tanah Air.

Saat ini, Universitas Melbourne kembali memperpanjang posisi Visiting Professor itu paling tidak sampai akhir tahun 2017. Bahkan mereka juga menawarkan saya untuk menjadi pengajar tetap minimal dua tahun ke depan, hingga tahun 2019. Saya sedang mempertimbangkan tawaran itu dan memproses izin kerjanya dari tanah air. Nah, soal menjadi sopir sebenarnya kerja selingan sejak akhir tahun lalu. Meski ketika ditanya beberapa rekan, secara guyon saya menjawab, “full time nyupir, part time nDosen”.

Kebetulan rekan Dodi yang punya usaha travel sedang liburan di Tanah Air, jadi dia butuh sopir pengganti. Lalu, seperti biasa bulan Desember dan Januari, kegiatan akademik di kampus Melbourne University sedang libur. Karena tidak terlalu sibuk, why not? Selain menolong usaha kawan, tambahan rezekinya juga lumayan. Cukuplah untuk menambah kepulan asap dapur.

Meskipun karena pernah menjadi mantan Wakil Menteri, tamu yang saya supiri menjadi berfikir keras untuk ngasih tips. Ada tamu, yang bilang, “Waduh mau ngasih tips, takut nggak pantes”. Padahal, saya ngarep, he-he…

Yah, risiko mantan wamen jadi sopir, tamunya jadi kagetan. Padahal, sayanya mah santai aja. Enjoy dan happy. Tamu yang saya layani beragam. Ada pejabat pemerintahan, anggota DPR, perwira Polri, turis, dan lain-lain. Bagi saya nyupir sama sekali bukan pekerjaan rendahan. Sejak dulu sekolah doktoral di Melbourne Law School pada 2002—2005, saya sudah terbiasa kerja kasual. Dulu saya dan istri memburuh di Pasar Victoria dan membagikan majalah gratis mingguan City Weekly di perempatan lampu murah pusat kota Melbourne. Kalau sedang membagi majalah gratisan itu, saya berdiri di salah satu sudut lampu merah, membagikan majalah kepada pejalan kaki yang hilir mudik.

Karena agak bosen berdiri lebih kurang dua jam, saya membagikan sambil bersenandung. Bukan sembarang lagu. Supaya tetap ceria, saya sengaja memilih lagu dangdut. Iya, dangdut. Sambil sedikit bergoyang nikmat, saya lantunkan lagu-lagu dangdut yang saya hapal. Mumpung para bule yang lewat tidak tahu lagunya, sehingga tidak bisa protes suara sumbang saya yang nadanya kemana-mana. Para bule yang lewat rata-rata terenyum, entah kenapa.

Untungnya belasan tahun yang lalu itu, saya belum jadi Wamen. Kalau tidak, goyang dangdut dan suara fals-cempreng saya itu bisa jadi video, jadi berita dan mem-viral juga.

Soal sikap luwes dan tidak malu bekerja halal apa saja ini adalah salah satu pelajaran hidup yang ditanamkan ayah saya almarhum Acep Hidayat dan ibunda tercinta Titien Sumarni. Sewaktu saya masih di Sekolah Dasar, kami tinggal di kota kecil Banjarbaru, 36 kilometer dari Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan. Saat itu, ayah saya sedang tugas belajar di Universitas Lambung Mangkurat. Untuk menjaga dapur tetap mengepul, ayah tidak jarang ngojek.

Waktu itu tahun 1980-an caranya mudah. Kalau ada orang naik motor pakai topi (belum wajib helm), maka berarti yang bersangkutan adalah tukang ojek. Almarhum ayah juga membeli taksi angkot. Biasanya di waktu senggang, seringkali akhir pekan, saat saya tidak sekolah, ayah saya menyupir angkot dan saya jadi kernetnya. Jadi suara cempreng saya mendangdut di atas, salah satunya hasil latihan teriak tujuan trayek angkot sewaktu saya SD.

Waktu SD juga, saya dilatih orang tua berwirausaha. Pernah saya jualan es mambo. Saya ke sekolah membawa termos pendingin yang sudah diisi es buatan ibu, yang lalu dititipkan di kantin sekolah. Besarnya termos es itu hampir sama dengan tubuh kecil SD saya waktu itu. Bener lho, saya pernah kecil dan kurus, sumpah! Sekarang memang agak berisi dan gemukan.

Almarhum ayah yang meninggal tahun 2013 memang menanamkan sikap legowo dan kuat bertahan hidup, siap dalam kondisi terbatas seperti apapun. Misalnya, suatu ketika beliau berujar, “Lebih baik makan nasi dengan garam ketika bisa makan dengan lauk daging. Karena rasanya akan beda sekali dan jauh lebih nikmat, ketimbang makan nasi dengan garam karena terpaksa, sebab memang tidak ada lauk lain”. Beliau ingin menyiapkan kami anak-anaknya untuk siap bertahan hidup dalam kondisi apapun.

Nasihat itu cukup terpatri dalam di hati saya. Alhamdulillah, Allah mengkaruniakan saya dan keluarga dengan rezeki yang tidak berlimpah, namun juga tidak kekurangan. Kami cukup. Namun kami juga tidak kagetan, nggak gengsian, kalau harus melakukan kerja-kerja sampingan jadi buruh pasar ataupun sopir travel. Apalagi, meskipun berbeda lingkup kerjanya, jadi Wamenkumham dan sopir tetap mempunyai tanggung jawab besar. Menjadi wamen, banyak persoalan Hukum dan HAM yang menantang untuk diselesaikan. Menjadi sopir, nasib dan nyawa penumpang berada di bawah .

Keduanya punya andil tidak kecil, dalam dimensinya masing-masing. Bekerja apapun yang penting kita nikmati sepenuh hati, kerjakan dengan prosesional, penuh tanggung jawab, dan jangan lupa: terus jaga integritas. Yang penting bukan korupsi! Jadi kenapa harus malu? Lalu, kalau saya menulis soal antikorupsi, biasanya ada satu-dua komen, “Ambilin cermin besar aja”. Wajar, karena yang komentar lalu ingat kasus inovasi pembayaran paspor secara online (payment gateway) yang masih saya hadapi.

Pada tulisan kali ini, saya tidak akan menjelaskan soal kasus tersebut. Mungkin lain kali. Tetapi mohon perkenan sidang pembaca untuk mengklik tautan ini. Untuk sedikit lebih memahami detail kasus tersebut. Saya bersyukur beberapa tokoh antikorupsi tetap memberikan dukungan tanpa henti. Selain Profesor Mahfud yang terus menguatkan, dan sempat pula mengunjungi kontrakan saya di Melbourne. Ketua KPK Agus Rahardjo, mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Profesor Saldi Isra, Zainal Arifin Moctar (Ketua Pukat Antikorupsi UGM), Adnan Topan Husono (Koordinator ICW) dan rekan Bivitri Susanti (Pengajar Jentera Law School) adalah di antara sedikit tokoh antikorupsi yang berkenan hadir dan menjadi pembahas dalam peluncuran buku saya, “Jangan Bunuh KPK” pada akhir tahun lalu.

Kehadiran tokoh antikorupsi sekaliber mereka, di tengah kasus korupsi yang saya hadapi, tentu adalah merupakan kehormatan dan dukungan yang sangat berarti. Jadi, mantan Wamen nyambi nyupir, why not?

Saya setuju dengan salah satu komentar di FB. Katanya, “saya lebih respek berita mantan Wamen jadi sopir ini, ketimbang beritanya ada mantan pejabat yang ongkang-ongkang tinggal di luar negeri, karena rezekinya yang didapat entah darimana tidak habis-habis tujuh turunan”. Saya bersyukur, rezeki kami cukup, halal, dan bersih dari korupsi. Yang lebih penting lagi, saya bersukur punya keluarga yang juga santai dan enjoy. Kedua anak saya Varis dan Varras tersenyum saja membaca banyak komentar bingung karena mantan wamen nyambi nyupir. Kalau bahasa ABG sekarang, so what gitu lho…

Bagaimana dengan istri saya Ida Rosyidah. Malukah dia? Lain kali bapak-ibu ke Melbourne silakan kontak saya, nanti saya sopiri, dan pertanyaan itu silakan ditanyakan langsung ke sang mantan pacar. Karena Bunda Os biasanya duduk manis di kursi samping supir, menjadi kernet saya. Jadi, mantan wamen nyambi nyupir, why not? Apalagi bisa sambil pacaran dengan kernetnya yang imut dan manis. Keep on fighting for the better Indonesia. (*)

Denny Indrayana

Full-Time Nyupir Part-Time nDosen Guru Besar UGM (Yogyakarta) dan Universitas Melbourne (Australia)
Dipublikasikan pertama di kumparan.com

[islamedia]
Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8050,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: Kisah Mantan Wamen Denny Indrayana Bekerja Sebagai Sopir di Australia
Kisah Mantan Wamen Denny Indrayana Bekerja Sebagai Sopir di Australia
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2017/01/kisah-mantan-wamen-denny-indrayana.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2017/01/kisah-mantan-wamen-denny-indrayana.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content