Katapedia: Anies Sandi Paling Tinggi Dukungan, Ahok Djarot Paling Banyak Dibicarakan




Islamedia Maraknya survey yang berkembang di pemilihan gubernur Jakarta akhir-akhir membuat PT Katapedia Indonesia, sebagai perusahaan survey online, merasa perlu untuk mengukur elektabilitas pasangan calon yang ada berdasarkan dukungan netizen di social media, khususnya di Twitterland.

Tahapan survey yang dilakukan adalah sebagai berikut.
Pertama, proses pengambilan data pembicaraan (buzz) terkait semua pasangan calon gubernur Jakarta selama 20 hari terakhir, 1 – 20 Januari 2017. Keywords yang digunakan untuk mengambil pembicaraan bagi pasangan no.1 adalah: agus yudhoyono, agus harimurti, @agusyudhonoyono, agussylvi, @sylviani_murni, AHY. Sedangkan keywords untuk pasangan no.2: ahok, @basuki_btp. Dan untuk pasangan no.3: anies sandi, @aniesbaswedan, @sandiuno, @jktmajubersama.

Hasil perolehan data pembicaraannya adalah pasangan no.1 sebesar 125.715 tweets (10,2%), pasangan no.2 sebesar 745.852 tweets (60,3%), dan pasangan no.3 sebesar 364.291 tweets (29,5%). Total pembicaraan (buzz) sebesar 1.235.858 tweets.

Tahap kedua adalah melakukan Text Mining dari semua pembicaraan yang diperoleh, yakni dengan melakukan filter pembicaraan yang hanya mengandung kata-kata yang bersifat elektabilitas: “pilih”, “dukung”, dan “coblos”. Lalu dilanjutkan dengan tahap ketiga, yakni pembicaraan yang diambil hanya yang memiliki konotasi “Sentiment Positif” saja. Prosesnya dilakukan secara otomotis dengan teknologi Machine Learning, menggunakan Naive Bayes Algorithm, yang ada di software milik Katapedia. Akurasi teknologi ini diatas 70% dalam menentukan sentiment (tone) dari sebuah pembicaraan (buzz) dalam Bahasa Indonesia.

Hasil perolehan data dari tahap kedua dan tahap ketiga adalah sebagai berikut. Untuk pasangan no.1 memperoleh dukungan 36.768 tweets (28%). Lalu pasangan no.2 didukung 38.337 tweets (29%). Dan pasangan no.3 adalah 56.639 tweets (43%).

Bila postulat “Kemenangan di social media adalah refleksi kemenangan di dunia nyata” bisa diterima, maka dalam sepekan kedepan, apabila dilakukan pemilihan gubernur Jakarta, dapat dipastikan pasangan no.3 akan lolos ke putaran kedua. Sedangkan persaingan menuju putaran kedua justru terjadi antara pasangan no.1 dan no.2” papar Deddy Rahman, CEO Katapedia.

Namun, ini hanya hasil sementara, masih ada waktu sekitar 20 hari kedepan untuk membuat perubahan besar di-elektabilitas online. Kemungkinan apapun masih bisa terjadi”, lanjutnya. [rilis/islamedia/abe]