Dosen UI Ini Beberkan Contoh Pesan Politik Hoax yang Disampaikan Ahok




Islamedia - Staf pengajar Departemen Filsafat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI) Rocky Gerung menarik perhatian publik dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) yang ditayangkan TVONE edisi selasa, 17 Januari 2017.

Salah satu pernyataanya Rocky menyebut bahwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok melontarkan pesan politik hoax dalam debat Calon Gubernur DKI Jakarta pada hari Jum'at(13/1/2017). Ahok menyatakan bahwa menerima Award 4 kali terkait Human Development Index Jakarta yang tertinggi.

Saya kasih contoh cepat-cepat bagaimana statistik berbohong. Kemarin di dalam debat Pilgub DKI, Pak Ahok bilang begini, saya baca tadi di media, ‘Jakarta human development index-nya tertinggi se-Indonesia. 2 tahun berturut-turut.’ Oleh karena itu dia dapat award empat kali. Sebagai fakta benar, tetapi sebagai pesan politik, itu adalah hoax" Ujar Rocky.

Lebih lanjut Rocky mengungkapkan bahwa tidak ada gunanya menyebut capaian tersebut, karena sejak 10 tahun lalu, 15 tahun lalu, Jakarta selalu di atas memang. Karena ibukota. Dengan APBN (APBD, red) 27 triliun.[islamedia]