1 Februari, Polda Metro Akan Periksa "Habib Rizieq, Ustadz Bachtiar Nasir, Munarman" Terkait Dugaan Makar




IslamediaKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengungkapkan bahwa akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah tokoh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) terkait kasus dugaan makar. Rencananya tokoh yang dipanggil adalah Habib Rizieq, Ustadz Bachtiar Nasir dan Munarman.

"Hari Rabu, tanggal 1 Februari, nanti kita panggil. Habib Rizieq, Munarman, dan Bachtiar Nasir," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, seperti dilansir detik, Senin (30/1/2017).

Dalam pemeriksaan tersebut, polisi akan mendalami soal pertemuan-pertemuan yang dilakukan oleh pihak yang diduga akan melakukan makar.

"Ketika di pertemuan. Nanti kan kita tanya, Bapak di pertemuan itu diundang oleh siapa? Materinya apa? Yang datang ke sana siapa saja?" jelas Argo.

Argo mengungkapkan hingga hari senin(30/1/2017) belum ada konfirmasi kehadiran dari ketiga tokoh GNPF MUI tersebut."Belum, belum ada konfirmasi. Tapi sudah dilayangkan panggilan," tuturnya.

Dalam kasus makar, polisi sudah memeriksa 50 orang saksi. Argo sebelumnya mengatakan pemeriksaan terhadap para saksi sudah hampir rampung dan pemberkasan perkara tersebut akan segera dilimpahkan ke kejaksaan.

Seperti diketahui pada hari jum'at 2 Desember 2016, pihak kepolisian telah menetapkan 9 orang sebagai tersangka makar. Mereka adalah: Eko Suryo Santjojo, Adityawarman Thaha, Kivlan Zen, Firza Husein, Rachmawati Soekarnoputri, Ratna Sarumpaet, Sri Bintang Pamungkas, Hatta Taliwang, dan Alvin Indra. [islamedia]