Yusril Ajukan Uji Materi Pasal Makar Warisan Belanda ke MK

Islamedia - Pakar Hukum Ahli Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra berencana akan mengajukan uji materi terhadap sejumlah pasal makar ke Mahkamah Konstitusi (MK). Uji materi dilakukan Yusril karena ada beberapa pasal makar yang digunakan oleh aparat kepolisian tidak jelas.

Kami akan mengajukan uji materi pasal-pasal yang disebut makar ke MK karena Pasal 107, Pasal 104, Pasal 87 dan Pasal 53 yang dijeratkan ke beberapa terduga pelaku, masih belum jelas,” ujar Yusril, dalam keterangannya seperti dilansir poskota, Jumat (16/12/2016).

Yusril juga menjelaskan bahwa alasannya melakukan uji materi dilakukan supaya tidak ada lagi pihak-pihak tertentu, terutama kepolisian, sembarangan menggunakan pasal makar untuk menjerat seseorang.

Ini kami lakukan biar MK yang memberi penafsiran supaya tidak jadi pasal karet. Menggulingkan pemerintahan seperti apa harus jelas supaya aparat penegak hukum tidak salah,” jelas Yusril.

Ini dikarenakan pasal makar yang ada dalam KUHP saat ini, sebenarnya hanya istilah yang digunakan oleh Belanda. “Jika nantinya ditafsirkan semena-mena, yang ada akhirnya melanggar HAM,” sambungnya.[islamedia.id]