Perwakilan Indonesia di PBB Pernah Pilih ABSTAIN Saat Voting Pelanggaran HAM Suriah

Islamedia - Indonesia melalui wakilnya di PBB pernah memilih Abstain saat voting pelanggaran HAM Suriah yang berlangsung pada bulan Juli 2016.

Saat itu banyak yang menyesalkan sikap Indonesia, seperti akun twitter @Malcolmite mengunggah foto yang memperlihatkan hasil voting terkait resolusi PBB pelanggaran HAM di Suriah, sabtu(2/7/2016).

Hasil voting memperlihatkan 27 memilih YES, 6 NO dan 14 ABSTAIN. Perwakilan Indonesia di PBB termasuk yang memilih sikap abstain dalam voting tersebut. Indonesia bersama 14 negara lainya memilih tidak menentukan sikap
Negara yang memilih abstain selain Indonesia adalah Bangladesh, Burundi, Congo, Ecuador, Ethiopia, India, Kenya, Kusgystan, Namibia, Nigeria, South Africa dan Vietnam.
Dari voting tersebut hanya 6 negara yang menyatakan konflik Suriah bukan pelanggaran HAM, keenam negara tersebut berideologi komunis seperti Algeria, Bolivia, China, Cuba, Rusia, dan Venezuela.
Sementara masyarakat Indonesia sangat mengecewakan sikap pemerintah Indonesia yang terkesan cari aman dengan memilih abstain terkait konflik Suriah.
Selama ini masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim dikenal mendukung perjuangan rakyat Suriah atas penindasan yang dilakukan Rezim Syiah Bashar Asad Asad.[islamedia/mh]