Pengamat : Jika Ahok Menjadi Tersangka dan Dipenjara, Keamanan Jakarta Kembali Normal


Islamedia - Pengamat politik Ubedilah Badrun memberikan analisanya terkait demonstarasi Aksi Bela Islam yang akan berlangsung pada hari Jum'at, 4 November 2016 mendatang. 

Ada 5 analisa kemungkinan yang akan terjadi terkait aksi tersebut, salah satunya adalah kemungkinan jika Ahok ditetapkan bersalah atas kasus penistaan Agama.

Menurut Ubedilah jika Ahok ditetapkan bersalah menjadi tersangka dan dipenjara, maka secara otomatis situasi sosial, politik dan keamanan Jakarta kembali normal.

"Ahok ditetapkan bersalah menjadi tersangka dan dipenjara PDIP mencari pengganti Ahok. Umat Islam nampak berterima kasih pada aparat dan sebagian etnis tionghoa tenang, karena tidak terjadi kerusuhan sebagaimana yang dibayangkan" ujar Ubeidillah seperti dilansir republika, rabu(2/11/2016).

Dalam konteks konstitusi dan substansi demokrasi, tidak perlu ada yang ditakutkan dari demonstrasi 4 November jika pemimpin, rakyat dan penegak hukum bertindak rasional.

"Dalam situasi seperti ini, Indonesia memerlukan pemimpin yang rasional (tidak emosional, tidak arogan),  rakyat yang rasional (melakukan demontrasi secara tertib) dan penegak hukum yang independen (tidak ikut main politik), sehingga menghadirkan keputusan yang objektif" papar Ubeidillah. [islamedia.id]