Mahfud MD : Kata "Awliya" di Al Maidah 51 Artinya "Pemimpin", Bukan "Teman Setia"




Islamedia - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Prof. Mahfud MD mengungkapkan pendapatnya bahwa kata "Awliya" dalam Al-Qur'an Surat Al-Maidah ayat 51 memiliki arti "Pemimpin" bukan "Teman Setia". Pernyataan ini disampaikan Mahfud melalui akun twitter pribadinya.

"Menurut saya, Awliya yang di surat Al-maidah ayat 51 itu artinya "Pemimpin" " tweet Mahfud melalui akun twitternya @mohmahfudmd, ahad (23/10/2016).

Meskipun demikian Mahfud juga menerangkan bahwa arti kata "Awliya" juga bisa bermakna "para wali atau "kawan setia" tergantung konteksnya, namun khusus untuk Al-Maidah 51 sudah sangat jelas bahwa maksudnya adalah "Pemimpin".

"Ada ayat "Alaa inna auliyaallah falaa khawfun..." Ingatlah, para wali Allah itu tak pernah takut, Tapi "Awliya" yang di Al-Maidah artinya "pemimpin". Tergantung konteks" jelas Mahfud. 

Lebih lanjut Mahfud menjelaskan bahwa dalam ilmu tafsir, baik agama maupun hukum (ilmu penafsiran hukum), selalu ada tafsir berdasar teks dan berdasar konteks.

"Tak usah berpolemik, apalagi kalau dikait-kaitkan dengan politik terkini. Kembali ke pendapat dan sikap yang diyakini masing-masing saja." imbuhnya [islamedi.id]