Tanjung Balai Kembali Damai, Umat Islam Gotong Royong Membantu Membersihkan Vihara yang Terbakar


Islamedia - Sebuah akun Facebook bernama Lim Sunto mengunggah 4 video yang memperlihatkan sejumlah umat Islam sedang membersihkan sebuah vihara yang terbakar saat kerusuhan di Tanjung Balai.


"Akhirnya semua udah damai, semua datang bantu bersih-bersih salam damai" tulis Lim Sunto di akun Facebook pribadinya, senin(1/8/2016).


Dalam 4 video yang rata-rata berdurasi pendek 6 detik tersebut, nampak warga Tanjung Balai yang beragama Islam bahu membahu membersihkan sebuah Vihara. Nampak muslimah berjilbab, bapak yang mengenakan kopyah dan sejumlah anggota Pramuka.


Aksi sejumlah umat Islam Tanjung Balai ini langsung menuai pujian dari sejumlah netizen." Trimakasih buat saudara muslim...damai negeriku" komentar netizen dengan nama akun Cristofel Liu.


Senada dengan Cristoel, netizen lainya dengan nama akun Agus Goh juga menuliskan "Indahnya bergotong royong, Tuhan berkati saudaraku yg muslim mau membantu bersihkan tempat ibadah kami. Amin".


Berikut ini video yang memperlihatkan umat Islam gotong royong membersihkan Vihara yang sudah digabungkan dalam sebuah video dan diunggah ke Youtube.



Sebagaima diberitakan sebelumnya, pada jum’at malam (29/7/2016), terjadi kerusuhan berupa pembakaran sejumlah Vihara di Tanjung Balai Sumatra Utara, yang dipicu oleh aksi intoleran warga keturunan Tionghoa yang memprotes suara adzan berkumandang dan menganggap suara adzan mengganggu. (baca : Kerusuhan Tanjung Balai Pecah Akibat Sikap Arogan dan Intoleran Warga Keturunan Tionghoa yang Memprotes Suara Adzan).  [islamedia/az]