Kudeta Militer Turki Berhasil Digagalkan, Tentara Pemberontak Ditangkap


Islamedia - Pemerintah resmi Turki mengumumkan bahwa upaya kudeta yang dilakukan sebagian kecil anggota militer Turki berhasil digagalkan. Mayoritas militer Turki menolak aksi kudeta tersebut.


Komandan Angkatan Darat Turki Umit Dundar menegaskan bahwa anggota militer yang melakukan aksi pemberontakan hanya sebagian kecil dari militer.


"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kami mengambil langkah-langkah yang diperlukan dengan tentara yang belum bergabung dengan mereka dan masih bertindak dalam rantai komando." ujar Komandan Angkatan Darat Turki Umit Dundar seperti dilansir Anadolu Agency , sabtu(16/7/2016) dini hari.


Hingga berita ini dilansir sejumlah tentara yang terlibat pemberontakan berhasil ditangkap dan diamankan oleh pihak keamanan pendukung Pemerintah.


Sementara Presiden Turki Receb Tayyib Erdogan menegaskan bahwa dirinya dalam kondisi aman dan menjelaskan bahwa kelompok kudeta ini sebagai FETO/organisasi teroris PDY, yang tiga tahun lalu melakukan kudeta yang gagal atas pemerintah.


Senada dengan Erdogan, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim juga menegaskan bahwa tidak akan membiarkan upaya pemberotakan dan para pelaku akan membayar mahal atas aksinya ini. [islamedia/mh]