Simposium Nasional Mengamankan Pancasila dari Ancaman PKI Resmi Dibuka


Islamedia - Bertepatan dengan hari lahir Pancasila 1 Juni, Sejumlah tokoh nasional dari berbagai latar belakang menggelar Simposium Nasional dengan tema "Mengamankan Pancasila dari Ancaman Kebangkitan PKI dan Ideologi Lain", yang berlangsung di Balai Kartini Jakarta.


Simposium didukung 49 ormas agama dan pemuda. Beberapa lambang organisasi yang muncul dalam spanduk pendukung termasuk Majelis Ulama Indonesia, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, Muhammadiyah, Pemuda Pancasila, HMI, Forum Umat Islam, Ansor, NU.


Ketua panitia pengarah Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri, dalam pidato pembukaan, mengatakan simposium ini digelar 'untuk mengamankan Pancasila dan akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk menyikapi polemik kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI).


"Kami akan berikan rekomendasi tersebut kepada pemerintah supaya mengambil langkah yang tepat dalam melindungi Pancasila dari PKI," Ujar Kiki sebagaimana dilansir kompas, rabu(1/6/2016)


Sementara peserta Simposium lainya mantan Wakil Presiden Try Sutrisno mengecam pengadilan sidang IPT soal 1965 yang berlangsung di Den Haag, Belanda, serta simposium nasional tragedi 1965 yang menurutnya "memberi angin terhadap aksi PKI ini".[islamedia/mh]