Warga Palembang Dikejutkan Dengan Temuan Poster Logo PKI


Setelah marak tersebar di luar Sumatra Selatan, kini poster dan stiker “palu arit” juga muncul di Palembang.

Stiker dengan gambar palu arit berlatar belakang merah dan di bawahnya tertulis “rakyat bersatu” ditemukan warga tertempel di dinding dan tiang di sekitar permukiman sejak Rabu (11/5)

Stiker tersebut ditemukan warga tertempel pada tiang listrik di Jalan Sapta Marga, Kelurahan Bukit Sangkal, Kecamatan Kalidoni Palembang, Jalan Residen Abdul Rozak, Jalan Musi Raya Timur, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan RE Martadinata. selain itu, ditemukan juga di Seberang Ulu, di antaranya di Jalan DI Panjaitan dan Jalan A Yani.

Beberapa warga kemudian berinisiatif melaporkan temuan mereka ke kantor polisi dan TNI.

“Benar, ada beberapa gambar palu arit yang ditemukan pada beberapa tempat di Palembang. Kapan ditempel dan siapa pelakunya masih kita selidiki, perkiraan baru sehari dua hari ini ditempel,” ujar Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) II Sriwijaya Kolonel Arh Saepul Mukti Ginanjar, Kamis (12/5).

Ia menduga sudah ada jaringan kelompok radikalisme di Palembang. Oleh karena itu semua pihak diminta waspada.

"Kami lacak dan lakukan pemetaan, memang sudah instruksi atas TNI, Polri, dan pemerintah termasuk masyarakat harus waspada," katanya, dikutip dari Republika.co.id

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol R Djarod Padakova mengatakan akan berkoordinasi dengan Kodam II Sriwijaya untuk bersama-sama menyelidiki siapa pelaku yang menempel poster-poster tersebut.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel Richard Cahyadi mengatakan, keberadaan poster berlogo komunis itu bertentangan dengan ideologi bangsa.

"Ini yang sudah jelas bertentangan dengan ideologi Bangsa," paparnya.

Richard berharap polisi dan TNI bisa segera menemukan pelaku penempelan poster palu arit yang melakukan propaganda membangkitkan ajaran komunis tersebut. [republika/islamedia]