Ridwan Kamil Berhasil Selamatkan Ribuan Warga Bandung dari Jerat Rentenir


Islamedia - Walikota Bandung Ridwan Kamil (Kang Emil) mengungkapkan bahwa lebih dari 2000-an warga Bandung saat ini sudah terbebas dari jeratan rentenir, setelah mengikuti program Kredit Melati (Melawan Rentenir) Pemerintah Kota Bandung.


"Menurut data, Sudah 2000-an warga Bandung terbebas dari jerat rentenir karena berdagang/berbisnis mikro dengan bantuan pemkot melalui Kredit Melati (Melawan Rentenir)" tulis Kang Emil melalui akun Facebook pribadinya, jum'at(13/5/2016).


Program Kredit Melati ini diperuntukan hanya bagi warga kota Bandung. Setiap warga yang bergabung akan mendapatkan pinjaman uang antara Rp.500.000,- sampai dengan RP. 30.000.000 sesuai dengan kebutuhanya, dengan tanpa ada bunga dan tanpa agunan.


Sejak program ini digulirkan, tercatat lebih dari 9000-an warga Kota Bandung telah bergabung. Proses pendaftaranya sangat mudah, hanya dengan membawa KTP Kota Bandung dan mendaftarkan diri ke kelurahan terdekat atau BPR Kota Bandung yang berada di Jalan Veteran.


Lebih lanjut Kang Emil menegaskan bahwa Program Kredit Melati ini merupakan aksi kongkrit Pemkot Bandung untuk mengentaskan kemiskinian dan dirinya berharap program seperti ini suatu saat bisa diterapkan di seluruh Indonesia.


"Ini bukti bahwa pemkot Bandung sangat peduli dalam pengentasan kemiskinan. Suatu hari mungkin ini solusi untuk seluruh Indonesia juga. Mari lawan rentenir. Hatur Nuhun" papar Kang Emil. [islamedia/mh]