Matahari Tepat di Atas Kabah Pada 27 Mei 2016, Ummat Islam Diimbau Sesuaikan Kembali Arah Kiblat


Kaum Muslimin dan pengurus masjid / mushalla diimbau untuk menyesuaikan kembali arah kiblat secara pas melalui peristiwa Rashdul Qiblah pada Jumat (27/5).

Hal tersebut disampaikan oleh Kasubag Informasi dan Humas Kemenag Jambi, Wahyudi Wahab.

"Bagi yang ingin menentukan arah kiblat secara pas bisa dilakukan pada pukul 16.18 WIB, Jumat, melalui metode-metode yang sudah ditentukan," terang Kasubag Informasi dan Humas Kemenag Jambi, Wahyudi Wahab di Jambi, Rabu (25/05).

Diberitakan rimanews, berdasarkan data astronomi, peristiwa Rashdul Qiblah akan terjadi pada Jumat (27/5) pukul 16.18 WIB. Saat itu, posisi matahari tepat melintas di atas Ka'bah atau dengan kata lain nilai deklinasi (posisi) matahari sama dengan titik koordinat lintang Mekkah, yakni sebesar 21 derajat 25 menit.

Oleh karena itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus pada tanggal dan jam tersebut akan mengarah tepat ke Ka'bah.

Wahyudi mengatakan peristiwa itu terjadi dua kali dalam satu tahun, selanjutnya akan terjadi lagi pada tangal 15 Juli 2016 Pukul 16.27 WIB.

"Kami mengimbau kepada para pengurus masjid, langgar dan mushalla serta kaum muslimin yang ingin mengakuratkan arah kiblat agar dapat melakukan metode-metode yang sudah disiapkan," ujar Wahyudi. [rimanews/islamedia]