Ahok : Kalau di Jakarta Miras Itu Seperti Minuman Ringan Jadi Boleh Bebas Dijual

Islamedia - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan bahwa kota megapolitan seperti Jakarta seharusnya tidak ada larangan meminum miras (miras), sudah jamak terjadi di kota megapolitan dunia, miras sudah dianggap minuman ringan.


Ahok juga mengatakan bahwa miras seharusnya bebas dijual di minimarket seluruh Jakarta, Ahok mengklaim bahwa tidak ada yang perlu dipermasalahkan.


"Harusnya boleh. Kan dulu boleh, lalu enggak boleh karena ada Permendag, begitu Permendag enggak boleh, kita tarik. Permendag boleh lagi," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, sebagaimana dilansir okezone, Kamis (26/5/2016).


Penjualan bir di minimarket di Jakarta diketahui, dilarang sejak April 2015, tepatnya saat diterbitkannya Permendag No. 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol.


Namun kemudian, peraturan tersebut dideregulasi oleh pemerintah pada September 2015 dengan menerbitkan Peraturan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Nomor 04/PDN/PER/4/2015 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengendalian, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol Golongan A. Dalam peraturan terakhir, peredaran Miras yang awalnya dilarang dijual di minimarket, menjadi dibolehkan. [islamedia/mh]