Ahok Bangga Raih Penghargaan dari Bappenas, Pengamat: Realisasi Pemprov Jakarta Buruk


Sejumlah pengamat mempertanyakan empat penghargaan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang diterima Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Salah satu pengamat yang mempertanyakan penghargaan tersebut adalah Siti Zuhri dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang mempertanyakan variable indikator penghargaan tersebut.

“Sekarang kalau Bappenas memberikan, itu apa variable indikatornya?. Baik misalnya perencanaan, perencanaan seperti apa? Yang namanya Bappenas ya pasti perencanaan,” kata Siti, dikutip dari Republika.co.id, Kamis (12/5).

Ia juga meragukan kualitas perencanaan Pemprov  DKI  Jakarta selama ini. Karena, kata dia, justru realisasinya masih lebih buruk dibanding Provinsi Jawa Timur, yang terdapat Surabaya dan Banyuwangi.  “Bagaimana aplikasinya? karena tidak bisa hanya berhenti di perencanaan saja,” ungkapnya.

Menurutnya, perencanaan harus bisa dibarengkan dengan akuntabilitas.  “Ditanya saja bagaimana Bappenas menilainya, dan variabel indikator yang digunakan itu apa sehingga sampai menunjukkan DKI bagus.” [republika/islamedia]